Pages

Wednesday, November 10, 2010

Merapi Membaik, Presiden ke Korsel

Merapi Membaik, Presiden ke Korsel
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta (ANTARA News) - Pertimbangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berangkat ke Seoul, Korea Selatan, untuk menghadiri KTT G20 karena situasi Gunung Merapi cenderung membaik.

Penjelasan tersebut disampaikan oleh Presiden Yudhoyono dalam konferensi pers di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis untuk memaparkan alasan kepergiannya ke Seoul dan Yokohoma, Jepang.

Presiden berangkat pada Kamis pukul 12.00 WIB dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma dan langsung menuju Seoul untuk menghadiri KTT G20.

Kepala Negara dan rombongan akan berada di Seoul selama sehari penuh pada 12 November 2010, dan kemudian menuju Yokohama untuk menghadiri KTT APEC.

Presiden akan berada di Yokohama pada 13 November 2010 dan sudah tiba kembali di tanah air pada Sabtu malam 13 November 2010.

Pada Rabu malam, Presiden menggelar rapat internal dengan Wakil Presiden Boediono beserta sejumlah menteri terkait guna mendengarkan penjelasan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif dan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Surono.

"Situasi Gunung Merapi diperkirakan dalam waktu dekat, satu, dua, tiga, empat hari ke depan tidak akan memiliki perubahan yang dramatis. Memang statusnya masih awas tapi tidak ada tanda-tanda memburuk dan memang belum ada tanda-tanda akan segera berakhir. Boleh dikata analisis dari apa yang terjadi `flat` ada kecenderungan membaik," jelas Presiden.

Presiden mendapatkan laporan dari BNPB bahwa keadaan tanggap darurat dapat ditangani secara baik oleh BNPB dibantu oleh jajaran daerah mulai dari Gubernur DIY, Gubernur Jawa Tengah, Pangdam Diponegoro, Kapolda Jawa Tengah, dan Kapolda DIY.

"Atas pertimbangan itu semua atas urgensi dari pertemuan puncak G20 dan pertemuan puncak APEC, termasuk kepentingan kita, maka saya telah mengambil keputusan, saya akan menghadiri satu hari penuh pertemuan puncak G20," kata Presiden.

Selama dua hari berada di luar negeri, Presiden berharap agar semua pejabat di tanah air dapat menangani bencana di Merapi, Sumatera Barat, dan Papua Barat secara baik dan memastikan semua sistem berfungsi dan bekerja penuh sehingga harapan masyarakat dapat dipenuhi.

Kepala Negara mengatakan dalam waktu dekat Menko Kesejahtewraan Rakyat Agung Laksono akan kembali ke Wasior, Papua Barat, dan juga ke Mentawai, Sumatera Barat, guna memastikan penanganan tanggap darurat serta tahap rekonstruksi dan rehabilitasi dapat berjalan baik.

Presiden menekankan urgensi kehadirannya di forum G20 karena pada 12November 2010 akan menjadi pembicara utama dalam sesi pembangunan dan akan menyuarakan kepentingan negara berkembang dalam tatanan perekonomian dunia.

"Itu isu pembangunan yang sangat penting bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia karena kita tidak ingin ekonomi dunia berkembang berkembang secara tidak adil, tidak peduli suara dan permasalahan negara-negara berkembang," jelas Presiden.

Sedangkan kehadirannya di APEC untuk memberikan pernyataan serta mengadakan sejumlah pertemuan bilateral dengan negara-negara anggota APEC demi kepentingan ekonomi Indonesia.

Kehadiran Presiden Yudhoyono dalam forum APEC akan digantikan oleh Wakil Presiden Boediono pada 14 November 2010.

Boediono akan berada di Jepang pada 14 hingga 16 November 2010 untuk menghadiri forum APEC secara penuh dan mengadakan kunjungan kerja di Jepang untuk menindaklanjuti sejumlah rencana kerja sama ekonomi dengan Jepang.

"Saya tidak boleh terlalu lama meninggalkan tanah air dalam keadaan seperti ini. Hari kedua di forum APEC akan lintas ganti. Saya pulang dan digantikan Wakil Presiden yang akan hadir penuh," demikian Presiden.
(ANT/A024)
Antara

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK