Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Sunday, August 7, 2011

Sekitar 100 orang berunjukrasa antichina di Vietnam

Minggu, 7 Agustus 2011 16:01 WIB | 920 Views
China menggelar latihan militer selama enam hari di Laut China Selatan beberapa waktu lalu. (DTN News)
Ganyang China yang agresif!" demonstran Vietnam
Hanoi (ANTARA News) - Sekitar 100 orang turun ke jalan di Hanoi, Minggu, untuk berdemonstrasi menentang ambisi teritorial Beijing di Laut China Selatan. Ini adalah demonstrasi terakhir dari serangkaian unjuk rasa antiChina dalam beberapa pekan belakangan.

Polisi membolehkan demonstran berdemonstrasi selama sekitar dua jam di sekitar danau Hoan Kiem dengan membawa bendera Vietnam dan spanduk serta meneriakkan slogan seperti "Ganyang China yang agresif!".

China dan Vietnam berselisih lama soal kedaulatan pulau Paracel dan Spratly yang diduga kaya minyak. Kelomppok pulau itu terdampar di jalur pelayaran perdagangan sangat penting di Laut China Selatan.

Ketegangan meningkat sejak Mei lalu ketika Vietnam mengatakan kapal-kapal pengamatan bahari China telah memutus kabel eksplorasi sebuah kapal penelitian minyak Vietnam di zona ekonomi eksklusif negara itu.

Unjuk rasa hari ini adalah yang kesembilan dalam sepulun pekan terakhir.

Vietnam dengan sengit mengingat kembali 1.000 tahun pendudukan China perang perbatasan tahun 1979. Lebih dari 70 tentara Vietnam tewas pada 1988 ketika


ANTARA

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK