Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Wednesday, August 3, 2011

Irak Borong Pesawat dari AS untuk Bangkitkan Armada AU-nya

 Jubir Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (Pentagon), David Lapan mengkonfirmasi rencana kedatangan delegasi Irak ke Amerika pada bulan ini guna berunding soal pembelian 18 unit jet tempur AS.
AFP melaporkan, Lapan dalam jumpa persnya mengumumkan, "Irak mengajukan permohonan pembelian 36 unit jet tempur F-16 dan pada bulan ini delegasi Baghdad akan datang ke Washinton guna membicarakan pembelian 18 jet tempur dari total pesanan."
Ia menambahkan, kedua pihak masih pada tahap awal kesepakatan dan jika kesepakatan resmi tercapai, maka diperlukan waktu untuk menyiapkan jet-jet tersebut serta para pilot yang akan memberikan latihan. Ini adalah proses jangka panjang dan mungkin akan menelan waktu bertahun-tahun.
Perdana Menteri Irak, Nouri al-Maliki Sabtu (30/7) dalam jumpa persnya menyatakan, "Pemerintah akan membeli 36 unit jet tempur F-16 Amerika dan jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dari jumlah yang sebelumnya direncanakan Baghdad."
Pembelian jet F-16 tertunda setelah para pejabat Irak mengambil keputusan untuk menggunakan dana sebesar 900 juta dolar dalam program tersebut untuk membeli bahan pangan dan menjatahnya.
Kesepakatan ini akan membantu Irak untuk merekonstruksi armada angkatan udara negara ini yang sebelum invansi AS ke Irak merupakan yang terkuat di kawasan.
Al-Maliki kepada para wartawan mengatakan, "Dengan pembelian jet-jet tempur tersebut kita harus menjaga kedaulatan nasional Irak."
(IRIB/RA/MZ)


IRIB

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK