Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Monday, August 8, 2011

AL Vietnam Akan Diperkuat 6 Kapal Selam Kelas Kilo


Kapal selam kelas Kilo dalam perjalanan menuju Cina. (Foto: DID)

9 Agustus 2011, Jakarta (Berita HanKam): Angkatan Laut Vietnam akan memiliki satu brigade kapal selam terdiri dari enam kapal selam kelas Kilo 636 dalam 5-6 tahun mendatang ditegaskan Menteri Pertahanan Vietnam Phung Quang Thanh saat jumpa pers di Hanoi, Rabu (3/8) dikutip harian Tuoi Tren.

Vietnam juga membeli jet tempur, rudal serta perangkat militer lainnya guna mempertahankan kedaulatan Vietnam, tambah Menhan Thanh.

Menhan Thanh yakin pembelian ini tidak memicu perlombaan senjata di kawasan, tetapi hal yang wajar untuk suatu negara meningkatkan pertahanan guna mempertahankan kedaulatannya. Menjaga keamanan di laut dan kedaulatan merupakan salah satu tugas Angkatan Darat, Angkatan Laut, Polisi Maritim dan Penjaga Pantai Vietnam.

AB Vietnam akan melindungi para nelayan sesuai hukum dan juga membantu masalah teknis, insiden dan resiko lainnya saat bekerja di lautan.

Pesawat patroli maritim C212-400 diserahkan Airbus Military pada Vietnam awal bulan ini. (Foto: Airbus Military)

Menurut Center for Analysis of Strategic and Technologies (CAST), Vietnam menjadi pembeli senjata terbesar Rusia pada 2009. Pembelian enam kapal selam diesel-elektrik kelas Kilo 636 merupakan pembelian kedua terbesar, setelah pembelian 8 kapal selam oleh Cina.

Rusia akan mulai mengirimkan kapal selam ke Vietnam pada 2014. Rusia dan Vietnam meneken kontrak senilai 3,2 milyar dolar pada Desember 2009. Saat kunjungan kerja Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung ke Rusia.

Kapal selam akan dipersenjatai sistem rudal jelajah Club-S, diungkapkan Oleg Azizov pejabat Rosoboronexport.

Frigate kelas Gepard 3.9. (Grafis: DID)

Vietnam memesan juga dua frigate kelas Gepard 3.9 Project 1166.1 pada 2006. Frigate dirancang menghancurkan kapal permukaan, kapal selam dan sasaran udara. Dipersenjatai sistem rudal anti kapal Uran-E, tabung torpedo 533 mm, sistem artileri pertahanan udara Palma, satu pucuk meriam 76,2 mm AK-176M, dua pucuk meriam 30 mm AK-630M serta satu unit helikopter Ka-28 atau Ka-31 Helix.

AU Vietnam akan diperkuat 24 Sukhoi Su-30MK2 yang terbagi dalam dua kontrak pembelian. Pesawat dibangun di Komsomolsk-on-Amur. Polisi Maritim Vietnam telah menerima satu pesawat patroli maritim C212-400 buatan Airbus Military awal bulan ini, pesawat kedua diserahkan akhir tahun dan pesawat ketiga pada awal tahun depan.

Sumber: Tuoi Tren

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK