Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Tuesday, May 22, 2012

30 Tank Leopard Jerman Siap ke Jakarta


22 Mei 2012
Tank Leopard 2A6 Angkatan Darat Jerman (photo : Valka)
TEMPO.CO, Pontianak - Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, mengatakan pada Oktober ini, sebanyak 30 tank jenis Leopard yang dipesan dari Jerman akan dikirim ke Jakarta.
“Awalnya tawaran datang dari Belanda dan Jerman, tetapi kita pilih Jerman karena lebih menjanjikan,” kata Pramono, di Markas Kodam XII/Tanjungpura, Selasa 22 Mei 2012, di Pontianak.
Sebanyak 30 unit tank ini, katanya, tinggal menunggu pihak Jerman untuk mengirimkannya ke Indonesia. Jenis yang akan dibeli adalah Leopard 2A6 yang merupakan hasil "retrofit 2A4" alias pengembangan teknologi terbaru karena cetak baru teknologi Leopard serupa sudah tidak diproduksi lagi.
Kelebihan memilih tawaran Jerman adalah dapat melakukan transfer of technology (TOT). Jerman juga menawarkan joint production untuk pembuatan beberapa bagian tank seberat 60 ton tersebut dengan menggandeng PT Pindad.
Masih terkait tank yang dibutuhkan TNI untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedianya di Kalimantan Barat akan ditempatkan pula satuan tank. Pramono mengatakan, saat ini di Kalimantan Barat hanya dilengkapi dengan light tank dan ke depannya akan ditingkatkan dengan tank untuk tempur. Satuan Kavaleri di Kalbar juga akan ditingkatkan dari Datasemen menjadi batalion penuh.

5 komentar:

Anonymous said...

Klo boleh tau kira2 akhir dari pemesanan TNI utk pembelian MBT berapa unit leopard yg akan dibeli, klo ga salah dulu rencana mesen 100 unit ...

Anonymous said...

Mantaaapp... light tank udah ribuan... saatnya punya MBT... Saluuuuttt !!

Anonymous said...

Ciamik....!! Mudah2an bukan hoax..

Anonymous said...

Love it!
kapan sampe MBT yg di tunggu2 ini di indonesia? and soal ToT, apa aja yg bisa di transfer ke pindad? (mudah2an sih 100% ToT). Kalau cuman beberapa % aja, mendingan pindad belajar yg penting2 aja, misalnya soal persenjataan, technology computernya, composisi bahan material etc... yg obvious tinggal kita pretelin aja 1 ampe 2...

wahhh makin keren aja deh.
"loe cabut patok, tank gw jalan maju"

delta76

Anonymous said...

apakah jalanan dan jembatan kita cukup kuat untuk dilewati beban 60 ton ini?

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK