Pages

Tuesday, September 14, 2010

Ahmadinejad Buka Konferensi Iran-Afrika

 Tehran, IRIB News-Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyinggung masa depan cerah dalam hubungan Iran-Afrika seraya menegaskan bahwa tidak ada batasan bagi perluasan dan kerjasama antara Tehran dan negara-negara Afrika.
Hal itu dikemukakan hari ini (14/9) oleh Ahmadinejad pada pembukaan Konferensi Iran-Afrika. Menurutnya, Iran dan Afrika memiliki prioritas kolektif.
"Kekayaan budaya, sejarah fluktuatif, dan sebuah aspirasi untuk masa depan lebih cerah bagi umat manusia adalah termasuk di antara prioritas Iran dan Afrika," kata Ahmadinejad.
Lebih lanjut Ahmadinejad menegaskan bahwa Iran dan Afrika sama-sama berkembang meski menghadapi sanksi, dan bahwa tidak ada batas untuk meningkatkan kerjasama timbal-balik hingga ke titik maksimal.
"Iran dan Afrika memiliki banyak kemampuan yang saling melengkapi, juga bahwa Iran siap untuk mentransfer pengalamannya kepada Afrika," ujarnya.
Menurut Ahmadinejad, Konferensi Iran-Afrika ini merupakan peluang kondusif dalam memperkokoh hubungan bilateral.
Presiden Iran ini juga menegaskan bahwa Iran dan negara-negara Afrika menyerukan sistem global yang berlandaskan pada prinsip keadilan dan penghormatan terhadap hak bangsa-bangsa, kemuliaan, dan persahabatan.
Konferensi Iran-Afrika berlangsung selama dua hari di Tehran. Konferensi ini dihadiri oleh delegasi dari pemerintah dan sektor swasta lebih dari 40 negara termasuk presiden Senegal dan Malawi. (IRIB/MZ/AR)

IRIB

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK

BERITA POLULER

BACA JUGA: