Pages

Tuesday, September 28, 2010

PROTOTYPE PESAWAT SUPER CANGGIH GERENASI KE V CHINA


Ditengah negara barat berlomba-lomba membuat pesawat tempur super canggih, China sebagai negara adidaya di Asia juga membuat sebuah prototype pesawat super canggih  yang tidak kalah dengan negara-negara barat.

Prototype pesawat tempur generasi ke 5 tersebut di beri nama J-12 atau Jian-12  dan untuk pasar luar negeri di beri nama F-12, pesawat tempur ini nantinya akan rampung pada tahun 2012 – 2015 dan telah memiliki kode XXJ oleh AS’s Office of Naval Intelligence (ONI). Pembangunan Pesawat tempur J-12 ini dimaksudkan untuk menyaingi pesawat tempur canggih seperti SU-30MMK Russia dan F-22 Reptor (USA)

Kalau melihat sejarah pengembangan pesawat tempur china terdahulu seperti J-10 yang pembuatannya diambil dari kerangka pesawat Israel dengan bermesinkan Russia, peranan Russia harapkan kedepan mampu memberikan sumbangsih dalam pengembangan secara ekstensif dalam mendukung teknologi pembuatan pesawat tempur generasi ke 5 China.


Tidak banyak yang diketahui tentang J-12 saat ini. Tapi banyak sumber dari dalam yang mengatakan    J-12 akan meniru F-22A dan ini ditegaskan oleh petinggi sumber dalam pabrik mengkonfirmasikan bahwa pesawat J-12 di desain bermesin ganda dan dioperasikan oleh dua awak dalam system navigasinya.


Stealthiness merupakan bagian integral dari semua desain pesawat tempur baru dan J-12 tidak terkecuali. Dalam mengusung penggerak dan daya geber China mempercayakannya kepada Mesin buatan Russia, dan untuk teknologi Stealth China mengadopsi teknologi ala USA (F-22) raptor. Sedangkan dalam pembuatan  body china mempercayakannya kepada Israel, Menariknya, desainer pesawat Cina akan benar-benar melakukan 'lompatan generasi' jika J-12 berhasil di kembangkan. 



http://rixco.multiply.com/journal?&page_start=60

1 comment:

  1. China mmg udah muai meningkatkan teknologi pertahanan udaranya tapi sayang mereka tidak lagi memikirkan indonesia yg dulu memiliki hubungan bilateral yg sangat dekat dalam segala bidang. mentang2 udh maju kale yaaaaa.

    ReplyDelete

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK