Pages

Sunday, September 19, 2010

Ahmadinejad: AS Harus Akui Iran Merupakan Kekuatan Besar


Rita Uli Hutapea - detikNews


AFP
Teheran - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menegaskan bahwa Iran merupakan kekuatan besar. Dan pemerintah AS harus mengakui hal tersebut.

"Pemerintah AS harus mengakui bahwa Iran merupakan kekuatan besar," kata Ahmadinejad seperti dilansir News.com.au, Senin (20/9/2010).

Diimbuhkan Ahmadinejad, Iran merupakan teman bagi negara-negara lain. "Kami tak pernah mencoba mendominasi lainnya atau melanggar hak-hak negara lain," tegas Ahmadinejad dalam pidatonya.

Ahmadinejad menegaskan, mereka yang terus bermusuhan dengan Iran berarti menghancurkan opsi persahabatan dengan Iran di masa mendatang.

"Dan itu disayangkan karena jelas bahwa masa depan milik Iran dan permusuhan akan sia-sia, dan karenanya sanksi-sanksi juga akan tidak efektif," cetus pemimpin republik Islam itu.

Ahmadinejad juga menekankan bahwa pengawas nuklir PBB tak pernah menemukan bukti bahwa Iran tengah mengupayakan senjata atom.

"Kami tidak takut akan senjata nuklir. Intinya adalah bahwa jika kami ternyata ingin membuat bom nuklir, kami cukup berani untuk mengatakan bahwa kami menginginkannya. Tapi kami tak pernah melakukan itu," tutur Ahmadinejad.

"Kami katakan bahwa persenjataan bom nuklir seluruh dunia juga harus dihancurkan," imbuhnya.

Pemerintah AS dan negara-negara lainnya telah lama mencurigai Iran diam-diam mengembangkan senjata atom lewat program nuklirnya. Namun pemerintah Iran berulang kali membantah tudingan itu. Ditegaskan bahwa program nuklir Iran semata-mata untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi untuk kepentingan sipil.

(ita/nrl)
DETIK 

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK