Pages

Sunday, January 2, 2011

China dan Rusia Akan Jelajahi Mars

Beijing (ANTARA News/AFP) - Penjelajah planet Mars pertama asal China akan diluncurkan pada Oktober tahun ini melalui kegiatan bersama dengan Rusia setelah mengalami penundaan dua tahun, kata laporan media pemerintah pada Minggu.

Roket penjelajah itu, Yinghuo-1, sedianya diluncurkan pada Oktober 2009 dari kosmodrom Baikonur di Kazakhstan dengan roket Phobos Explorer milik Rusia, namun dibatalkan, kata kantor berita Xinhua.

Dengan mengutip keterangan pakar Akademi Teknologi Luar Angkasa China, yang tidak disebutkan namanya, laporan itu menyatakan peluncuran tersebut akan dilakukan pada Oktober tahun ini. Laporan itu juga menyebutkan bahwa China akan meluncurkan penjelajah Mars-nya sendiri pada 2013.

Berdasarkan atas beberapa laporan sebelumnya, pengorbit itu akan menyelidiki lingkungan luar angkasa Mars dengan berpusat terhadap yang terjadi dengan air, yang sepertinya pernah ada di permukaan planet tersebut.

China telah memulai penyelidikannya terhadap Bulan, sehingga penjelajahan ke Mars itu akan menjadi langkah berikutnya bagi penjelajahan angkasa luar mereka, yang disasarkan sejajar dengan Amerika Serikat dan Rusia.

Pada saat ini, China memiliki penjelajah Chang`e 2, yang mengitari bulan serta melakukan berbagai uji untuk persiapan peluncuran Chang`e 3 pada 2013, yang diharapkan menjadi pendaratan tanpa awak pertama mereka di bulan.

China juga merupakan negara ketiga di dunia, yang mengirimkan warga negaranya di luar angkasa, setelah Amerika Serikat dan Rusia, ketika Yang Liwei mengawaki tugas angkasa luar Shenzhou-5 pada 2003.(*)

ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK