Pages

Thursday, December 9, 2010

AS Positif Tempatkan SM-3 di Polandia

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyatakan bahwa Washington akan menempatkan perisai rudal SM-3 di Polandia.
Komitmen itu muncul setelah Obama bertemu dengan sejawatnya dari Polandia Bronislaw Komorowski, di Gedung Putih kemarin (Rabu,8/12)
Perisai rudal darat ini akan ditempatkan di Polandia dalam rentang waktu hingga tahun 2018, sebagai bagian dari sistem rudal NATO-Amerika. Perjanjian ini merupakan kelanjutan kesepakatan yang ditandatangani oleh pejabat kedua negara 'di Praha pada bulan April lalu.
Penempatan perisai rudal ini akan dilakukan dalam empat tahap sejak awal tahun depan. SM-3 mampu menangkal rudal jarak jauh dan rudal balistik antar benua.
Presiden Komorowski menyatakan dukungan kuat Polandia untuk segera meratifikasi perjanjian START baru, karena akan meningkatkan keamanan Polandia dan Eropa sekaligus mendukung Traktat Non-Proliferasi Nuklir.
Perjanjian itu merupakan bagian dari upaya Gedung Putih untuk memulihkan hubungannya dengan Rusia.

SM-3 memiliki jangkauan 500 kilometer, namun dapat ditingkatkan untuk jarak yang lebih jauh. Perisai rudal itu telah digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat untuk menghancurkan satelit berjarak 209 km di atas Samudera Pasifik pada Februari lalu 2008.(IRIB/PH/LV)

IRIB

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK