Pages

Sunday, December 19, 2010

Korsel tetap gelar latihan militer di perbatasan


BBCIndonesia.com - detikNews

latihan perang korsel
Korut mengecam latihan perang Korsel di wilayah sengketa

Militer Korea Selatan tetap akan menggelar latihan perang di satu pulau di dekat wilayah laut yang dipersengkatakan Korsel dan Korea Utara.

Kepastian latihan serangan artileri tersebut dilaporkan kantor berita Korsel, ketika Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa menggelar sidang membahas ketegangan di Semenanjung Korea.

"Militer memutuskan menggelar latihan menembak hari ini," kata seorang sumber militer kepada kantor berita Korsel, Yonhap.

"Kapan latihan itu dimulai, semuanya tergantung cuaca di lapangan."

Sikap Rusia

Seorang fotografer kantor berita AFP mengatakan ia mendengar pengumuman dari aparat di Pulau Yeonpyong melalui pengeras suara bahwa akan ada latihan perang hari Senin (20/12).

Di wilayah sengketa itulah Korut bulan lalu melakukan serangan artileri ke Pulau Yeonpyong yang menewaskan dua marinir dan dua warga sipil Korsel, setelah Korsel menggelar latihan perang yang diikuti oleh marinir yang bertugas di pulau tersebut.

Pyongyang beralasan mereka menyerang Yeonpyong karena Korsel menjatuhkan bom di perairan Korut.

Pemerintah Korut telah memperingatkan tentang potensi bahaya dari latihan perang yang dilakukan Korsel.

Pertemuan di Dewan Keamanan diusulkan oleh Rusia, yang mengatakan PBB sebaiknya resmi mendesak pemerintah di Pyongyang dan Seoul untuk menahan diri.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin mengatakan akan lebih baik bila Korsel tidak menggelar latihan militer ketika situasi tengah memanas.

(bbc/bbc)

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK