Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Monday, December 27, 2010

Angkasa Pura I Tandatangani MOU Dengan TNI AL Garap Bandara Juanda


Advertorial - detikNews



Jakarta - Bertempat di Gedung Kementerian BUMN lantai 21 Ruang Garuda 1, Rabu (22/12), PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya, bersama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), menandatangani Nota Kesepahamantentang pemanfaatan tanah dan fasilitas pada lokasi di Sebelah Selatan Runway Bandara Juanda. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomodengan Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Soeparno.

"Pembuatan Nota Kesepahaman ini dilandasi oleh semangat upaya pencapaian visi masing-masing pihak dalam meningkatkan pelayanan kepada publik," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Tommy Soetomo.

Pertumbuhan penumpang dan pertumbuhan jumlah pergerakan pesawat di Bandara Internasional Juanda Surabaya telah meningkat secara pesat dan hal tersebut mengakibatkan perlu adanya penambahan serta perluasan area terminal. "Oleh karenanya, Angkasa Pura I tentu harus menyiapkan fasilitas prasarana Bandara dalam mendukung pertumbuhan trafik tersebut," kata Tommy. Dia juga menambahkan bahwa Angkasa Pura I dan TNI AL sepakat untuk melaksanakan pengembangan Bandara yang dimaksudkan untuk dapat mengatasi peningkatan kapasitas penumpang.

Pemanfaatan atau penggunaan tanah maupun bangunan fasilitas Bandara terdiri dari fasilitas sisi udara, tempat parkir pesawat udara (apron), fasilitas PKP-PK, serta marka dan rambu, ditambah dengan fasilitas sisi darat, yang terdiri dari bangunan terminal penumpang, bangunan operasi, jalan masuk, jalan-jalan kendaraan lainnya, dan tempat parkir kendaraan.

Milik TNI AL

Lahan Sebelah Selatan Runway Bandara Juanda tersebut saat ini kepemilikannya berada di bawah TNI AL. Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding=MoU)diperlukan untuk mengatur tata cara umum pemanfaatan danpenggunaan tanah maupun bangunan fasilitas bandar udara di sebelah selatan landasan pacu Bandara.

Dengan dilaksanakannya penandatangan MoU tersebut, kedua pihak sepakat bahwa pemanfaatan dan penggunaan tanah dan fasilitas di Sebelah Selatan Runway nantinya akan dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero). Pada lahan Sebelah Selatan tersebut berdiri terminal eksisting yang sebelumnya juga sempat digunakan sebagai Terminal Bandara Juanda sampai dengan tahun 2008.

MoU juga menyatakan bahwa pengaturan bentuk imbalan penggunaan tanah atau bangunan dapat berupa sewa, pinjam pakai, dan kerjasama pemanfaatan. Masa berlaku MoU ini adalah selama kurun waktu 5 tahun. Lebih lanjut penjabarannya akan dituangkan dalam bentuk perjanjian khusus yang konkrit pelaksanaannya akan dilakukan awal tahun 2011.
(adv/adv)

detik

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK