Pages

Thursday, August 12, 2010

PBB Memulai Investigasi Kasus Gaza

REUTERS/EMRAH DALKAYA

PBB telah memulai sesi pertama investigasi untuk kasus serangan Israel terhadap kapal pembawa bantuan ke Gaza. Sesi pertama ini masih membicarakan lingkup tugas tim panel PBB.

Menurut hasil rapat inaugurasi antara keempat anggota tim dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, penyelidikan itu tidak dibuat untuk menentukan individu yang harus bertanggung jawab atas peristiwa kriminal tersebut. Penyelidikan justru bermaksud meneliti dan mengidentifikasi fakta dan konteks insiden. Tim tersebut dipimpin mantan Perdana Menteri New Zealand Geoffrey Palmer dengan anggota perwakilan dari Israel dan Turki.

Pada Senin sebelum pertemuan, Ban menolak anggapan bahwa PBB telah membuat kesepakatan rahasia dengan Israel untuk tidak memanggil satu pun tentara Israel untuk bersaksi. Menanggapi hal itu, Mark Regev mewakili pemerintah Israel menyatakan, "Israel menolak bekerja sama dan berpartisipasi dalam panel yang meminta investigasi terhadap tentara Israel."

Seperti dilansir situs Al-Jazeera, tim investigasi itu dibentuk PBB 31 Mei lalu setelah berlangsung insiden penembakan yang dilakukan komando Israel terhadap sembilan warga Turki di atas kapal Mavi Marmara. Kapal itu tengah mencoba menerobos blokade laut Israel di Jalur Gaza.

PBB menyatakan tugas panel itu adalah meneliti hasil dari investigasi Israel dan Turki serta akan merekomendasikan agar insiden serupa tak terjadi lagi di masa datang. (*/I-1)

MI

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK