Pages

Sunday, August 22, 2010

Bushehr Beroperasi, AS Bertekuk Lutut

Media Amerika Serikat menyebut pengoperasian reaktor nuklir Bushehr Iran sebagai simbol kegagalan kinerja Washington. Seperti dilaporkan IRNA, media AS mereaksi luas pernyataan Ketua Badan Energi Atom Iran, Ali Akbar Salehi dan Ketua Badan Atom Rusia (Rosatom), Sergei Kiriyenko. Menurut media massa ini, di saat AS selama bertahun-tahun menentang pembangunan reaktor nuklir Bushehr, kini reaktor tersebut telah dioperasikan oleh Iran.
Televisi CBS melaporkan, reaktor nuklir Bushehr hari Sabtu (21/8) telah resmi dioperasikan padahal AS berharap mampu mencegah Iran melanjutkan program nuklirnya. Masih menurut sumber ini, meski AS dan sekutunya menentang keras program nuklir Iran, Tehran malah menyatakan akan membangun 10 pusat pengayaan uranium.
Fox News dalam laporannya menyebutkan, kemampuan Iran terkait siklus bahan bakar nuklir membuat AS kian khawatir. Namun demikian, televisi ini mengakui bahwa reaktor nuklir Bushehr tidak berbahaya, khususnya ancaman meluasnya radiasi karena berdasarkan kontrak sisa-sisa bahan bakar akan dikirim kembali ke Rusia untuk didaur ulang.
Sementara itu, Associated Press menyebutkan bahwa AS dan sekutunya secara berhati-hati menyikapi pengoperasian reaktor nuklir Bushehr. AS dan sekutunya menurut sumber ini menerima dan mengakui reaktor nuklir Bushehr adalah program damai.
CNN menyebut pengoperasian reaktor ini sebagai kemenangan besar bangsa Iran. CNN menambahkan, Iran telah melakukan pengisian pertama bahan bakar nuklir Bushehr dan hal ini merupakan keberhasilan besar seluruh rakyat Iran. (IRIB/IRNA/MF/SL)

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK