Teheran (ANTARA News/IRNA-OANA) - Pemerintah dan bangsa Iran sepenuhnya berada di pihak Lebanon dan Suriah serta tidak akan ragu mendukung mereka, kata Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki Ahad.

Pernyataannya itu merujuk pada kejahatan terbaru rezim Zionis yang mengakibatkan bentrokan mematikan di lintas-perbatasan yang menyebabkan lima orang tewas.

Pertempuran terjadi ketika tentara rezim Zionis memasuki wilayah Lebanon pada 3 Agustus untuk mencabut pohon yang mereka akui sebagai penghalang daerah pengawasan perbatasan mereka.

Pertempuran mengakibatkan tiga tentara Lebanon tewas, di samping seorang serdadu Zionis dan seorang wartawan Lebanon ditangkap di antara baku tembak.

Berbicara kepada konferensi pers dengan timpalannya Menteri Luar Negeri Lebanon, Ali al-Shami, yang sedang bertamu , Menlu Iran mengatakan, Iran akan membantu dan mendukung walau tidak diminta oleh Lebanon, karena itu kedua pihak akan terus melakukan tukar pandangan mengenai perkembangan besar regional.

Mottaki menegaskan, bahwa Teheran meyakini hak resmi bangsa dan pemerintah Lebanon untuk mempertahankan wilayah mereka, dan menghentikan apapun bentuk agresi terhadap bumi Lebanon.(*)

(Uu.H-AK/R009)
antara