Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Friday, September 28, 2012

umat, 28/09/2012 17:23 WIB Korsleting Listrik Pemicu Kapal Siluman Klewang Terbakar?

Banyuwangi - Pemicu terbakarnya Kapal Siluman Klewang jenis Trimaran di Dermaga Angkatan Laut Banyuwangi, belum diketahui. Namun berhembus kabar, kapal senilai miilaran rupiah itu terbakar akibat korsleting listrik. Dikabarkan bila hari ini sejumlah petugas sedang mengecek kesiapan kapal perang tersebut. Rencananya juga, hari ini kapal akan diujicoba. Sebab, Senin depan KRI Klewang akan diluncurkan. Namun entah kenapa, tiba-tiba saja kecelakaan tersebut terjadi. Korsleting listrik disebutkan bermula terjadi di luar kapal dan merembet ke dalam. Namun, kebenaran informasi tersebut masih perlu dikonfirmasi lebih lanjut. Sementara itu KRI Trimaran tak bisa diselamatkan dari amukan si jago merah. Kapal canggih kebanggaan Indonesia tersebut harus berakhir tragis. Seluruh bodi kapal habis dilumat api sebelum mengemban tugas pentingnya. Sebelumnya, Kapal Siluman KRI Klewang diketahui terbakar usai salat ashar sekitar pukul 15.15 WIB, Jumat Sumber detik

5 komentar:

Antonov said...

Insiden yang sangat mengecewakan kita semua. Ini merupakan bahan pembelajaran agar tidak terjadi lagi.
Kebakaran dapat terjadi karena ada 3 unsur (segitiga kebakaran) yaitu oksigen, bahan bakar dan sumber api. Bila salah satu unsur tidak ada maka kebakaran tidak mungkin terjadi. Cara pencegahan dan pemadaman kebakaran prinsipnya adalah dengan menghilangkan atau mengurangi jumlah atau konsentrasi salah satu unsur.
Oksigen ada di udara dimana-mana. KRI Klewang pada waktu diluncurkan dalam keadaan kosong, belum ada mesin, minyak diesel, persenjataan, peralatan atau furnitur lain. Perkabelan baik kabel daya maupun kabel komunikasi/ kontrol kemungkinan sudah terpasang. Jadi yang termasuk bahan bakar adalah bodi/ struktur kapal termasuk perkabelan. Tinggal satu unsur yaitu sumber api, yang dapat dari api yang telanjang (misal alat las), bunga api dari kortsleting/hubung singkat kabel, puntung rokok, atau kesengajaan/ sabotase.
Beritanya pada waktu terbakar sedang ada pekerjaan fitting out kapal yaitu pemasangan mesin, persenjataan, peralatan atau furnitur lain. Yang menarik adalah berita dugaan sementara sebabnya adalah kortsleting/hubung singkat kabel. Hal lain yang menarik adalah bodi/struktur kapal yang cepat terbakar. Kortsleting tidak akan terjadi kalau kabel belum dimasuki daya listrik. Bodi/struktur kapal dapat cepat terbakar apabila bodi/struktur kapal bersifat mudah terbakar/ combustible, seperti kapal kayu. Ibaratnya satu peluru tracer dari senapan mesin berat yang mengenai kapal dapat menyebabkan kapal terbakar.
Ada 2 hal yang harus diinvestigasi :
1. Prosedur pencegahan dan penanggulangan kebakaran pada saat melakukan pekerjaan fitting out kapal.
2. Apakah bahan carbon fibre yang digunakan dalam pembuatan KRI Klewang cocok untuk bodi/struktur kapal perang.
Semoga tidak terjadi lagi.

Thiwid Widyarto said...

Sangat disayangkan kapal yang diklaim terinovative, tercanggih ini hanya dalam selang waktu tidak sampai 1 bulan terbakar. Saya masih turut merasa bangga saat peluncuran kapal ini sebagai kapal perang modern masa depan milik TNI AL produksi dalam negeri. Investigasi serius sebaiknya dilakukan untuk mengetahu apakah ada KESALAHAN DESAIN STRUKTUR KAPAL termasuk bahan pembuatannya dari komposit serat karbon yang diklaim lebih kuat 20x dari baja, namun ternyata mudah sekali terbakar. Bagaimana riset yang telah dilakukan PT Lundin selama ini? Mudah-mudahan murni hanya accident saja, bukan kesalahan desain hasil riset kapal ini.

Sebaiknya pemesanan 3 kapal sejenis berikutnya ditangguhkan terlebih dulu sampai hasil investigasi diketahu secara pasti.

Harapan berikutnya dengan kejadian ini semoga riset tetap dilakukan secara lebih baik sehingga produk kapal perang canggih yang membanggakan segera dapat terwujud.

org bejo said...

desain futuristik cocok buat kapal pesiar apa lgi bisa menjangkau garis pantai buat berwisata kepulau2 yg eksotik dan blm tersentuh... aszeek!

hairus slamet said...

Iyaaa....mudah 2konsleting aliran listrik ,kapal siluman kebanggaan bangsa indonesia tidak senasip (lapan)dari orde lama ke orde baru) ahir nya lapan penemu tehnologi roket setelah cina di hentikan atas perintah dektator suharto !!"malangnya bangsa indonesia hanya untuk kekuasaan kerap tersungkur trgiss sedang kan cina hidup mandiri dan merdeka penuhhh!!!!!!!!!

Anonymous said...

Dengan adanya musibah ini maka KCR Trimaran sangat perlu dikaji lebih mendalam, kejadian perlu diteliti dari beberapa aspek, mulai dari sabotase inteligen asing (khususnya Australia, Singapura dan Malaysia), lalu Bahan KCR Trimaran yg mudah terbakar, lalu apakah dengan limit waktu yg disepakati maka pembuatan ini terbilang tergesa2 atau apa? sy pikir TNI sangat paham betul dgn kejadian ini, namun yg perlu dicermati seharusnya apabila kontra inteligen kita baik maka tdk akan ada kejadian seperti ini, sy perlu memberikan masukan kepada TNI, yaitu? TNI perlu menguatkan BAIS dan harus lebih kuat dari serdadu itu sendiri, karena agen ganda bertaburan di negeri ini ...

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK