Pages

Wednesday, January 5, 2011

Ini Dia Kebijakan Baru Nuklir Iran

Wakil Tetap Iran di Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), Ali Asghar Soltanieh menyatakan bahwa beberapa duta besar lembaga yang berbasis di Wina akan segera melakukan tur ke situs nuklir Iran. "Para duta besar kelompok geografis dan politik di Wina akan mengunjungi fasilitas pengayaan uranium Natanz dan reaktor air berat di kota Arak," kata Soltanieh seperti dikutip IRNA, Selasa (4/1).
"Program kunjungan itu sejalan dengan kebijakan transparan nuklir Republik Islam Iran," tambahnya. Ia mengatakan bahwa para duta besar yang bermarkas di Wina juga pernah melakukan kunjungan serupa ke Fasilitas Konversi Uranium Isfahan (UCF) pada tahun 2006.
Selama kunjungan yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 15-16 Januari mendatang, kelompok tersebut akan melakukan pertemuan dengan para pejabat Iran.
Sebelumnya pada hari Selasa, Jurubicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast membenarkan undangan Tehran terhadap wakil dari berbagai negara ke situs-situs nuklir Iran.
"Undangan terhadap beberapa anggota kelompok 5+1, Uni Eropa, Kelompok 77 dan Gerakan Non Blok adalah inisiatif baru Iran dengan tujuan transparansi kegiatan damai nuklir Iran," ujar Mehmanparast dalam konferensi pers mingguan di Tehran.
Program itu diluncurkan menjelang perundingan Iran dengan kelompok 5+1 di Istanbul, Turki. (IRIB/RM)
IRIB

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK