Pages

Sunday, December 5, 2010

Rusia: Tidak Mungkin Iran Beli Rudal dari Korut

 Dokumen yang dirilis WikiLeaks mengindikasikan, para ahli Rusia membantah klaim AS bahwa Iran telah atau sedang mengembangkan teknologi rudal yang mampu menargetkan Eropa.
Sebuah analis yang dipublikasikan Inter Press Service pada tanggal 30 November 2010 menyebutkan, Wikileaks merilis laporan bahwa Rusia menentang keberadaan rudal di Iran yang menurut Washington dibeli dari Korea Utara.
Teks lengkap dari laporan sidang Departemen Luar Negeri AS pada 22 Desember 2009 pada pertemuan Joint Threat Assessment di Washington, dipasang di WikiLeaks, dan menunjukkan adanya penentangan luas atas tuduhan tersebut.
Rudal-rudal BM-25 milik Korea Utara yang disinyalir tipe rudal dari permukaan ke permukaan yang didesain berdasarkan model rudal balistik kuno R-27 milik Uni Soviet, konon mampu menempuh 2.400 hingga 4.000 kilometer dan dapat menarget sebagian besar kawasan Uni Eropa.
Vann H. Van Diepen, selaku Sekretaris Asisten untuk Keamanan Internasional AS dan nonproliferasi, mengatakan bahwa pada pertemuan Desember itu AS "yakin" Iran telah membeli 19 rudal dari dari Korea Utara. Namun seorang pejabat Kementerian Pertahanan Rusia menolak klaim itu yang menurutnya tidak berdasarkan referensi dan sumber yang dapat dipercaya. Dia berargumen bahwa tidak pernah ada tes rudal seperti itu baik oleh Korea Utara maupun Iran
Pihak AS mengaku tidak memiliki bukti kuat dalam hal ini namun kembali menegaskan bahwa Korea Utara telah memamerkan rudal-rudalnya yang diarak di jalan-jalan Pyongyang.
Rusia membantahnya dengan menekankan kembali bahwa rekaman video terkait parade rudal di Pyongyang itu menunjukkan jenis-jenis rudal yang berbeda.
Moskow juga bersikeras bahwa jika benar Iran membeli 19 rudal dari Korut pada tahun 2005, mengapa hal ini tidak diketahui mengingat nyaris mustahil bagi semua negara untuk menyembunyikan kargo seperti itu. (IRIB/MZ)

IRIB

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK