Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Tuesday, December 7, 2010

Lapan Siap Kembangkan Rudal Militer

JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan siap mengembangkan teknologi roket untuk keperluan rudal militer.
Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lapan Soewarto Hardhienata mengatakan, teknologi roket yang dimiliki Lapan sebenarnya sudah menunjang untuk dikembangkan menjadi senjata pelindung alat utama sistem senjata (alutsista).
“Lapan hanya membuat roket untuk keperluan sipil. Tapi, tidak menutup kemungkinan (pembuatan roket/rudal militer) jika teknologi dari ilmuwan Lapan ini diminta Dephan (Departemen Pertahanan) untuk bersama-sama mengembangkan alutsista,” tegas Soewarto Hardhienata kepada harian Seputar Indonesia (SI) di Jakarta.
Dia mengatakan, teknologi roket milik Lapan pada dasarnya merupakan dual use. Teknologi itu bisa dipakai untuk keperluan sipil maupun militer. Namun, saat ini Lapan baru mengembangkan roket untuk keperluan sipil karena sesuai dengan kewenangan mereka. Adapun untuk keperluan militer, semua diserahkan kepada Dephan.
“Roket Lapan selama ini hanya akan dipakai untuk mendorong satelit dan tidak untuk membuat rudal balistik,” tandasnya. Meski demikian, ungkap Soewarto, untuk keperluan militer, Lapan sudah melakukan kerja sama dengan Dephan dalam membuat roket.
“Untuk detailnya saya tidak bisa menyebut, tapi salah satunya kita dan Dephan membuat kaliber 122 untuk TNI AL,” jelasnya. Sebagaimana diketahui, Lapan berhasil mengembangkan roket untuk keperluan mendorong satelit. Roket pendorong satelit (RPS) buatan Lapan ini telah sukses diuji coba beberapa bulan lalu dengan produk RX 420, RX 320,dan RX 250. Bahkan, saat ini untuk mendukung RPS, Lapan juga sedang mendesain roket RX 520 dengan daya jangkau hingga 200 km. Sementara itu, Ketua Pokja Pertahanan Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin mengatakan, sudah saatnya Indonesia memiliki roket berhulu ledak sendiri.
Dengan teknologi yang dimiliki Lapan, ujar dia, seharusnya Dephan, LIPI, Pindad maupun PT PAL dapat bersinergi untuk melakukan penelitian dalam membuat roket berhulu ledak. “Keberhasilan Lapan dalam menguji sejumlah roketnya bisa dipakai untuk keperluan militer. Harusnya, Dephan tanggap dan melakukan sinergi untuk membuat roket-roket jarak menengah. Karena, roket-roket ini hanya tinggal diberi hulu ledak,” ungkap Tubagus.
Dengan roket berhulu ledak buatan dalam negeri, menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersikap mandiri. Terutama dalam memproduksi senjata.

sumber: rindamiskandarmuda.mil.id

6 komentar:

emon_shares_some_stories said...

paling tidak, bisa menghemat sekian rupiah kalau memesan roket militer ke LAPAN daripada pesan ke luar negeri. Selain roket belistik, sepertinya membuat roket darat-ke-udara juga perlu tuh

Anonymous said...

ayo LAPAN BUAT RUDAL JELAJAH PRODUKSI SEBANYAK-BANYAKNYA UNTUK PERTAHANAN NASIONAL...BIAR MALON GK SO DIA...

Anonymous said...

bikin rudal yang banyak, digelar diseluruh perbatasan indonesia - malon!

Anonymous said...

Jangan lupa Lapan,Pindad bikin roket ground to air utk melindungi udara yg sangat luas ini dri pesawt fighter dan missil dri luar

Anonymous said...

Go...go..LAPAN dan Pindad bikin Rudal, dan coba d demonstrsikan biar para jiran kagak anggap remeh NKRI....good luck...!!

yudi.hidayat said...

lapan buatlah produk yg blm ada didunia ini utk menjg nkri harga mati,manfaatkan sdm diindonesia yg krg diperhatikan,gabgkan kekuatan pindat,lipi,ugm,itb,pal,dll..utk kepentgn bgs n negr.'indonesia raya'

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK