Pages

Thursday, December 9, 2010

Korsel, Indonesia Sepakat Untuk Memperkuat Hubungan Pertahanan



T-50 GE Buatan Korea Selatan

Korea Selatan dan Indonesia telah sepakat untuk memperkuat kerjasama bilateral untuk pengembangan senjata dan teknologi pertahanan, termasuk tank, kapal selam dan pelatihan pesawat, Cheong Wa Dae mengatakan pada hari Kamis.

Pada pertemuan puncak di pulau resor Bali di Indonesia di sela-sela forum regional, Presiden Lee Myung-bak dan rekannya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan pertahanan dan ekonomi antara Seoul dan Jakarta.

"Kedua pemimpin bersama-sama mengembangkan senjata dan meningkatkan perdagangan bilateral," kata juru bicara Lee, Kim kepada wartawan Hee-jung. Perjanjian ini menjadi pertanda yang baik untuk tawaran Korea untuk berpartisipasi dalam proyek Indonesia untuk memodernisasi senjata.

Korsel saat ini bersaing dengan Rusia dan Republik Ceko untuk mengekspor T-50 Golden Eagle ke Indonesia. Jakarta akan mengumumkan pemenang awal tahun depan untuk pengadaan 16 pesawat, cukup untuk skuadron.

Jika berhasil, untuk pertama kalinya korsel mengekspor pesawat latihnya, yang dikembangkan dengan teknologi sendiri. Setiap pesawat latih harga akan sekitar $ 20 juta.

Lee mengatakan Presiden Yudhoyono akan mengirim utusan khusus ke Seoul bulan depan untuk membahas kerjasama dalam industri pertahanan yang lebih mendalam dan konkret, menurut juru bicara itu.

Ia menyatakan harapan bahwa Indonesia dan Korea Selatan dapat memperkuat kerjasama dalam pengembangan pesawat latih modern, kapal selam, tank dan senjata lainnya.

Presiden Lee tiba di Bali awal pada hari Kamis. Kemudian Presiden Lee terbang ke Kuala Lumpur, Malaysia, untuk kunjungan kenegaraan dua hari.

Pada isu ekonomi, pemimpin Indonesia mengatakan berharap perdagangan kedua negara akan menjadi dua kali lipat menjadi 40 juta dolar sebelum ia selesai masa jabatannya pada tahun 2014. Indonesia merupakan mitra dagang kesepuluh terbesar Korea, dengan perdagangan bilateral diperkirakan akan mencapai 20 juta tahun ini, naik dari 15 juta pada tahun 2009.

Lee dan Yudhoyono juga sepakat untuk meningkatkan kerjasama dalam masalah regional dan global. Jakarta akan menjadi akan menjadi Ketua ASEAN berikutnya.

Dalam pidato pada Forum Tahunan demokrasi Bali, yang dipimpin Lee bersama dengan Yudoyono, dia menekankan bahwa kesenjangan ekonomi antara Selatan dan Korea Utara menunjukkan bahwa demokrasi merupakan prasyarat kemakmuran ekonomi.

"Meskipun konfrontasi antar-Korea, Republik Korea telah mencapai industrialisasi dan demokrasi dalam satu generasi," kata Lee.

"Perekonomian Kita(Korsel) telah menjadi 38 kali lebih besar dari Korea Utara selama enam dekade setelah perang. Kenyataan ini menunjukkan hubungan antara demokrasi dan pertumbuhan ekonomi yang cepat."

Dia mengatakan bahwa negara tidak bisa menyelesaikan masalah regional sendiri, menekankan pentingnya kerjasama yang erat antara negara-negara Asia.

Lee tidak menyebutkan artileri mematikan Korea Utara, atas penembakan di sebuah pulau di Korea Selatan bulan lalu. Ajudan Lee mengatakan presiden ingin menunjukkan tekad untuk menghadapi serangan tegas Seoul Utara dan setiap provokasi potensial melalui tindakan, bukan cuman melalui kata-kata.

Hari ini, Lee akan mengadakan pertemuan puncak dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada penguatan hubungan ekonomi.

Lee akan kembali ke Seoul pada hari Sabtu.

Sumber: KOREA TIMES / MIK

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK