Pages

Thursday, December 9, 2010

Korsel Akan Mengekspor Dua Kapal Selam Kepada Indonesia Senilai $900jt USD


0diggsdigg


KUALA LUMPUR, 9 Desember Yonhap) - Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak terbang ke Kuala Lumpur pada hari Kamis untuk kunjungan kenegaraan dua hari yang dirancang untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara dan menandai peringatan 50 tahun hubungan hubungan diplomatik tahun ini.

Tak lama setelah kedatangannya, Lee bertemu dengan kelompok lebih dari 120 warga Korea di Malaysia.

Pada hari Jumat, Lee merencanakan untuk mengadakan pertemuan puncak dengan Perdana Menteri Najib Razak di Putrajaya, sebuah kota administrasi di dekat Kuala Lumpur,dalam memajukan hubungan antar negara mereka, termasuk kerjasama di bidang energi nuklir, menurut dengan Kantor Cheong Wa Dae Lee.

Para pemimpin dijadwalkan mengadakan konferensi pers bersama setelah menyaksikan upacara penandatanganan Perjanjian dan kerjasama peradilan dalam masalah pidana, tambahnya.

Perjalanan Lee ke negara Asia Tenggara merupakan yang pertama oleh Presiden Korea Selatan Lee dari pendahulunya Roh Moo-hyun mengunjungi pada tahun 2005.

Malaysia merupakan mitra ekonomi utama Korea Selatan. Malaysia adalah eksportir LNG terbesar kedua setelah Qatar. Kedua belah pihak telah mencoba untuk memperluas kerjasama dalam pembangkit tenaga nuklir dan energi terbarukan.

Sebelumnya pada hari itu, Lee melakukan perjalanan singkat ke pulau Bali Indonesia, di mana ia menghadiri sebuah forum tentang demokrasi regional dan mengadakan pertemuan puncak dengan nya margin mitra Indonesia.

Di puncak, Lee dan Susilo Bambang Yudhoyono sepakat untuk meningkatkan kerjasama pada pengembangan senjata, energi, infrastruktur dan teknologi hijau, kata Cheong Wa Dae.

Yudhoyono menyatakan bahwa Indonesia dan Korea Selatan untuk meningkatkan kemitraan dalam industri pertahanan di bidang-bidang seperti produksi dan perdagangan jet tempur, pesawat latih, kapal selam, tank dan senjata lainnya, Cheong Wa Dae juru bicara Kim Hee-jung.

Korea Selatan ingin mengekspor lebih dari selusin T-50 Golden Eagle pesawat latih supersonik ke Indonesia. Jika berhasil, ia akan menjadi perangkat komersial pertama di Seoul, yang dikembangkan dengan teknologi sendiri. Setiap pesawat latih akan menelan biaya sekitar $ 20 juta.

Seoul juga berencana untuk mengekspor dua kapal selam ke Indonesia, potensi kontrak 900 juta dolar. Selain itu, kedua negara tersebut mendorong program pembangunan dalam hubungannya dengan pesawat tempur dengan nama "KF-X."

"Presiden Yudhoyono mengumumkan rencana untuk mengirim utusan khusus ke Korea Selatan awal tahun depan untuk membahas isu kerjasama Asosiasi Industri ekonomi dan pertahanan khususnya," katanya.

Lee kemudian menyampaikan pidato pada pembukaan Forum Bali dua hari, di mana ia menekankan pentingnya demokrasi terhadap pembangunan ekonomi seperti ditunjukkan pada perbedaan ekonomi antara kedua Korea.

Lee mengatakan, terlepas dari ancaman militer tanpa henti dari negara komunis Korea Utara, Korsel telah mendapat industrialisasi kapitalis dan demokrasi dalam suatu generasi, yang menunjukkan hubungan antara demokrasi dan pertumbuhan ekonomi.

Dia tidak menyebutkan bahwa pemboman mematikan Korea Utara dari sebuah pulau di Korea Selatan pada tanggal 23 November, selama apa pidato pertamanya kepada audiens internasional sejak serangan itu.

Dalam konferensi pers bersama dengan Yudhoyono setelah forum, Lee mengatakan bahwa demokrasi di Korea Selatan, Indonesia dan negara-negara lain di Asia dan Pasifik itu bukan keajaiban semalam, tetapi dicapai melalui nilai konstan dan pengorbanan rakyatnya.

"Melalui Forum hari ini, saya menegaskan kembali keyakinan saya bahwa meskipun tantangan dan cobaan, bangsa-bangsa di Asia dan Pasifik akan melanjutkan upaya-upaya untuk matang demokrasi dan perdamaian dan kesejahteraan," katanya.

Sumber: YONHAP/MIK

6 comments:

  1. klo sampe pilihan pembelian kapal selam ke korsel..alangkah bodohnya pemimpin negeri ini!
    jelas kilo jauh di atas changbogo koq malah milih kualitas di bawah...PEMIMPIN YANG GOBLOK!
    ATAU INGIN INDONESIA TETAP JD BANGSA YG SELALU DIREMEHKAN NEGARA LAIN SEMENTARA DIA SENDIRI KENYANG! JIWA NASIONALIS YG NOLLLLLLLLLLL!

    ReplyDelete
  2. gini aja bung mana ada yg mau jual kapal selam canggih ngasih teknologinya jg, mending buatan korsel + teknologi, pk kepala jgn dengkul ok...kuasai teknologinya jgn beli kacangan ntar tukang kacangnya g mau jual bisa berabe...saya percaya alutsista buatan sendiri bisa lebih membangkitkan jiwa nasionalis..Indonesia bisa!!!

    ReplyDelete
  3. Maksudnya Tu Kita Beli KS Changbogo 2,Amur 2+ToTnya Kilo Class Mantaf,Bro Sebenarnya Indonesia Punya Perancang KS yang nggak kalah ma Negara Lain,Bahkan HDW yg jgonya buat Kapal Selam tertarik ingin kerjasama,tapi karena nasoinalisnya ma indonesia,beliaunya tetap menyimpan desain KS masa depan Indonesia tsb, agar suatu saat ada pemimpin negeri ini mau memakai desain KS yg telah dibuatnya selama ini,Racangan KS tsb berdasarkan pengalaman yg beliau miliki mudah2an aja ada yg bisa menghargai karya dari beliau,Majuuuu IndonesiaKu

    ReplyDelete
  4. Indonesia Kan Punya Rancangan KS MINI 22M,Mirip KS Amur,Ini KS calon Penguasa laut indonesia biar nggak ada lagi yang mencuri hasil kekayaan laut kita Cepat Direalisasikan aja tuch pa lg Rancangan DislitbangAL sendiri supaya kita bisa mandiri pa lagi kalo jd Dapat ToT dari rusia Bisa-bisa lebih canggih nich KS dari negara lain

    ReplyDelete
  5. Maksud hati ingin Beli KS ChangBoggo itu utk dipelajari Angkatan Laut kita bro, pembuatannya akan diikuti oleh PT.PAL & ALRI kita... bukan sembarang beli, tapi menambah pengetahuan anak bangsa dalam pembuatan Kapal selam sendiri. Istilahnya tinggal dipoles aja thu ALRI ama PT.PAL yg kemampuanya dah diatas rata-rata... Nantinya bukan kita yg akan beli, tapi negara lain yg akan beli ke negara kita gitu

    ReplyDelete
  6. Menurut saya sih enakan kerjasama ama pak Russei dlm pembuatan Kapal Selam kita, Anak Bangsa kitakan udah punya rancangan Kapal Selam masa depan sendiri thu, jadi tinggal mempelajari Teknologi Mesin Kapal Selam Pak Russei yang sangat canggih itu saja yang udah Kita Kontrak tadi... gwa yakin Kapal Selam itu bakalan jadi Kapal Selam Tercanggih di ASEAN bahkan di ASIAN, banyak deh yg beli k negara kita nantinyaaa...

    ReplyDelete

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK