Pages

Monday, August 16, 2010

TNI AL Periksa Lokasi Penangkapan Petugas DKP Kepri


Ramadhian Fadillah - detikNewsFoto Terkait

Jakarta - Tim TNI AL sedang memeriksa titik lokasi penangkapan 3 petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau oleh aparat Malaysia. Pemeriksaan lokasi diperluan sebagai bagian upaya diplomasi yang pemerintah jalankan.

"Tim dari TNI AL sedang melihat lokasinya. Ada daerah-daerah di mana garis perbatasan laut memang belum selesai diputuskan. Sekarang kita pastikan dulu tempat kejadian perkara di mana," ujar Menhan Purnomo Yusgiantoro di sela peluncuran pembangunan kapal kawal rudal di Kantor Kemhan, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (16/8/2010).

Menurut Purnomo, hingga kini masih simpang siur siapa yang melanggar batas teritorial. Dia pun meminta agar ada data tempat kejadian perkara yang pasti terlebih dahulu sebelum menentukan sikap lebih lanjut.

Apalagi perairan Selat Malaka memang wilayah sensitif karena merupakan perairan beberapa negara. "Kita harus hati-hati posisi TKP-nya sebelum mengambil langkah," tambah dia.

Lebih lanjut Poernomo menekankan, permasalahan ini tidak perlu dibesar-besarkan lagi. Pemerintah kedua negara telah melakukan langkah-langkah diplomatik untuk menyelesaikan insiden ini.

"Yang saya tahu ini sudah bisa diselesaikan dengan kekonsuleran. Bisa diselesaikan secara diplomatik," tegasnya.

(rdf/lh)

detik news

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK