Pages

Wednesday, August 4, 2010

Malaysia Cari Mesin Jet yang Dicuri ke Argentina


Kamis, 24 Desember 2009 14:28 WIB

Kuala Lumpur, (tvOne)

Dua mesin jet tempur senilai 29 juta dolar AS, yang dicuri dari satu pangkalan udara militer Malaysia, telah dilacak hingga ke Argentina, demikian pernyataan kepolisian pada Kamis.

Kepala Kepolisian Malaysia Musa Hasan mengatakan sejumlah petugas polisi menghubungi mitra mereka di Buenos Aires untuk memastikan apakah mesin-mesin yang hilang itu masih ada di Argentina.

"Mesin-mesin curian itu telah dibawa ke Argentina," kata kepala kepolisin itu kepada AFP. "Kami harus mengecek apakah mesin-mesin itu masih di negara itu."

Musa mengatakan kepada harian the Star bahwa sejumlah perwira angkatan udara, termasuk beberapa jenderal, akan dimintai keterangan terkait dengan pencurian itu.

Empat orang, termasuk tiga personil berpangkat rendah, telah ditahan dan dibebaskan dengan jaminan atas dugaan keterlibatan mereka dalam pencurian tersebut, katanya menurut harian itu. "Kami perlu memeriksa semua karena tidak mudah mengeluarkan mesin-mesin itu tanpa dilengkapi surat dari petugas berwenang dan dilengkapi dokumen," katanya.

Pemerintah Malaysia menghadapi kecaman atas dugaan korupsi pejabat setelah pencurian mesin-mesin tersebut.

Laporan-laporan media pekan ini menyebutkan dua mesin jet Northop F-5E telah dijual di pasar gelap oleh perwira militer ke sebuah perusahaan Amerika Selatan setelah dibawa dari satu pangkalan militer, tepatnya tahun lalu.

Panglima Angkatan Bersenjata Azizan Ariffin mengatakan pencurian itu hanyalah "puncak dari gunung es" setelah audit menyeluruh yang diadakan baru-baru ini memngungkap peralatan senilai jutaan ringgit hilang, demikian harian the New Straits Times. Selain mesin-mesin itu, peralatan militer termasuk bagian-bagian jet tempur itu dicuri. (Ant)

SUMBER :http://internasional.tvone.co.id/berita/view/30552/2009/12/24/malaysia_cari_mesin_jet_yang_dicuri_ke_argentina/