Iran Konfirmasikan Peluncuran Pusat Pembangkit Tenaga Nuklir
Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Ali Akbar Salehi. (tehranbureau.com)
Teheran (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Ali Akbar Salehi Jumat membenarkan peluncuran pusat pembangkit tenaga nuklir pertama negara itu pekan depan.

"Kami bersiap-siap untuk mentransfer bahan bakar pusat pembangkit Tenaga Bushehr ke lokasi tempat penampungan dekat pusat reaktor pekan depan," kata Salehi seperti dikutip oleh kantor berita resmi IRNA.

Ia mengatakan, proyek itu akan dilakukan tujuh atau delapan hari.

Perusahaan Energi Atom Rusia (Rosatom) mengatakan kemarin bahwa peluncuran Pabrik Tenaga Nuklir Bushehr di Iran telah ditetapkan pada 21 Agustus.

Sehari sebelumnya, kepala bengkel kerja pabrik tenaga nuklir Bushehr Mahmoud Jafari mengatakan, pengujian utama dan inspeksi ke pabrik negara itu telah dilakukan berkali-kali selama enam bulan.

Salehi pada 7 Juli mengatakan, pabrik tenaga nuklir Bushehr akan mulai beroperasi pada bulan Iran Sharivar (23 Agustus-22 September).

Bushehr terletak di salah satu dari distrik terpanas Iran di pantai Teluk Persia.

Pembangunan pabrik itu dimulai pada 1970-an oleh beberapa perusahaan Jerman, yang dipulangkan menyusul embargo AS terhadap pasokan teknologi tinggi kepada Iran setelah Revolusi Islam 1979.

Rusia menandatangani kontrak dengan Irran untuk menyelesaikan konstruksi pabrik pada 1998.

Tanggal pembukaan mulai telah ditunda sampai beberapa kali. Sebenarnya dijadwalkan pada September 2007, namun ditunda karena gawatnya keuangannya yang langka.

Rusia telah membantu Iran membangun pabrik sejak pertengahan -1990s. Perdana Menteri Vladimir Putin telah berjanji bahwa Rusia akan memulai reaktor di pabrik Bushehr pada musim manas ini.(*)
(Uu-H-AK/R009)

antara