Pages

Thursday, August 5, 2010

Ahmadinejad Ingatkan Eropa


Senin, 26 Juli 2010 | 15:11 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Minggu (25/7/2010), memperingatkan Eropa agar tidak bergabung dengan "rencana" Amerika Serikat terhadap Iran.

Dia mengatakan, apa pun kerja sama dengan Washington akan dipandang sebagai sikap bermusuhan oleh bangsa Iran. Hal tersebut disampaikan kantor berita Iran, IRNA.

Dalam pidato di sebuah festival di Teheran, Ahmadinejad mengatakan, Amerika telah berusaha membujuk sebagian negara Eropa dan Rusia untuk bergabung dalam skenario anti-Iran terakhir mereka.

Menurutnya, jika ada tindakan yang dianggap menentang Iran, termasuk mengganggu pesawat atau kapal negaranya, maka hal itu akan mendapat tanggapan cepat.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) bulan lalu mengeluarkan resolusi mengenai masalah nuklir Iran. Mereka melarang Iran melakukan penanaman modal di luar negeri dalam bidang nuklir dan pengayaan uranium.

Dalam resolusi tersebut, larangan-larangan baru juga diterapkan terhadap impor senjata konvensional Iran dan mengizinkan kapal-kapal Iran untuk diperiksa di perairan-perairan internasional.

Oleh karena itu, Presiden AS Barack Obama pada 1 Juli menandatangani rancangan undang-undang sanksi baru Iran untuk dijadikan undang-undang. Obama menyebutnya sebagai "pukulan ke pusat" kemampuan nuklir Pemerintah Iran.

Pada hari Kamis, Uni Eropa menyepakati sanksi-sanksi terhadap sektor energi Iran, termasuk industri minyak dan gasnya.

Perjanjian itu akan mulai berlaku jika disetujui oleh pertemuan menteri-menteri luar negeri Uni Eropa, Senin.

Menurut laporan Press TV satelit lokal, seorang komandan Kesatuan Garfa Revolusi Islam Iran, Minggu, mengatakan bahwa negaranya kini punya kemampuan menghasilkan "rudal-rudal balistik dalam jumlah tak terbatas". "Produksi rudal-rudal balistik kami berjalan sangat lancar," kata Wakil Komandan Garda Revolusi Brigjen Hossein Salami.

http://internasional.kompas.com/read/2010/07/26/15112133/Ahmadinejad.Ingatkan.Eropa.

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK