Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Monday, April 30, 2012

Mahasiswa USU Kembangkan Mobil Hemat Energi

Mahasiswa USU Kembangkan Mobil Hemat Energi
(Ant/Irsan Mulyadi/Koz/Spt). Puluhan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) melihat uji jalan Mobil Mesin USU ketika peluncuran di Medan, Sumut, Senin.
Mobil karya 14 mahasiswa Teknik Mesin USU tersebut, akan mengikuti Shell Eco-Marathon di Sepang, Malaysia pada Juli 2012. Keunggulan mobil karya mahasiswa USU ini ialah hemat energi dan ramah lingkungan.
Medan, (Analisa). Mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengembangkan mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang diberi nama "Mesin USU" hasil karya 14 mahasiswa Fakultas Teknik perguruan tinggi negeri itu.
Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu di Medan Senin (30/4) mengatakan, mobil hemat energi "Mesin USU" akan diikutkan pada lomba Shell Eco Marathon (SEM) Asia pada Juli 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia yang juga diikuti 145 tim dari 17 negara.

Selain USU, dalam lomba tersebut Indonesia juga akan diwakili oleh 17 tim lain yakni empat tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS), dua tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kemudian tiga tim dari Universitas Indonesia (UI), satu tim Politeknik Negeri Jakarta, dua tim dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), satu tim universitas Gadjah Mada (UGM), dan satu tim dari Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung.

USU sendiri mengirimkan satu tim yang diberi nama tim "Horas". Ke-14 mahasiswa yang akan mengikuti lomba itu juga diharapkan dapat membawa semangat yang dapat mewakili semua warga Sumatera Utara.

Manager tim Horas, Munawir R Siregar mengatakan masih ada beberapa bulan lagi untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada kendaraan tersebut, terutama dalam hal mengurangi bobot mobil.

Mereka menargetkan bahan bakar sebesar 200/km/liter untuk mobil Mesin USU yang diciptakan itu.

Pemenang Shell-Eco Marathon adalah kendaraan yang dapat bergerak jarak terjauh dengan menggunakan bahan bakar atau energi paling sedikit. (Ant)

sumber ANALISA

1 komentar:

maspanji said...

Boleh juga kemampuan anak negeri dari SumUt marilah kita dukung bersama, Bravo.

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK