Pages

Wednesday, January 5, 2011

Dovutoglu: Turki Tidak Akan Diam Soal Iran !

 Ahmad Dovutoglu, Menteri Luar Negeri Turki mengatakan, "Turki tidak akan berpangku tangan soal transformasi regional, khususnya masalah program nuklir Iran."
Sebagaimana diberitakan IRNA Rabu (2912/) Dovutoglu menyampaikan pernyataan ini dalam sebuah wawancara eksklusif program politik ‘Studi Komprehensif" televisi Turki kanal 1.
Saat ditanya oleh presenter soal perhatian Turki pada program nuklir sipil Iran, Dovutoglu menjawab, "Tidak boleh ada yang berharap bahwa Turki akan diam soal masalah ini!"
"Transformasi beberapa tahun lalu di kawasan menunjukkan bahwa Turki berada dalam kisaran krisis regional, dan selama ini telah mengeluarkan biaya besar. Oleh karenanya, Ankara berhak untuk mengeluarkan pendapat terkait masalah Iran," tegas Menlu Dovutoglu.
Menteri Luar Negeri Turki ini menyebutkan harus ada upaya bilateral atau multilateral Turki terkait program nuklir Iran dan menjadikannya sebagai masalah biasa. Ditambahkannya, "Kenyataan ini harus diterima oleh semua pihak bahwa Turki mengikuti masalah ini dan melihatnya bagian dari kebijakan politik Ankara. Dan tampaknya bola telah kembali ke Turki."
"Turki tidak akan mengeluarkan biaya lagi terkait transformasi regional dan untuk tidak akan hanya menjadi penonton," ujar Dovutoglu.
Soal hubungan Turki dan rezim Zionis Israel, Menlu Dovutoglu mengatakan, "Israel harus meninggalkan kesalahan-kesalahan lalunya."
Dovutoglu menyatakan bahwa Turki secara transparan telah menyampaikan tuntutannya guna memperbaiki hubungan dengan rezim Zionis Israel. Ditambahkannya, "Turki tetap berusaha untuk menjamin perdamaian dan stabilitas kawasan. Bila Israel berusaha mendekati cara pandang Turki ini, maka sudah barang tentu Tel Aviv-lah yang diuntungkan."(IRIB/SL/PH)
IRIB

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK