Pages

Thursday, August 12, 2010

Wapres Terima Menlu Korut

Wapres Terima Menlu Korut

AP/Achmad Ibrahim/wt

JAKARTA--MI: Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Ui Chun di Jakarta, Rabu (4/8) pagi.

Dalam acara tersebut Wapres didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan beberapa staf.

Selain melakukan kunjungan kehormatan, Menlu Korut juga menyampaikan beberapa hal terkait ketegangan di semenanjung Korea yang kembali menghangat.

Sebelumnya, Menlu Marty Natalegawa usai bertemu mitranya Ui Chun mengatakan, Korut sepakat untuk menyelesaikan ketegangan di semenanjung Korea secara damai dengan kembali ke meja perundingan enam pihak, asalkan negara-negara yang terlibat utamanya Korea Selatan dan Amerika Serikat memegang prinsip kesetaraan.

Pyongyang mensyaratkan, penghormatan kesetaraan terhadap Korut sebagai negara yang berdaulat oleh semua pihak terutama Korea Selatan dan AS.

Terkait peran Indonesia, Marty mengatakan, akan terus mengupayakan penyelesaian semenanjung Korea melalui forum perundingan enam pihak.

"Kita mendorong agar segera kembali ke perundingan enam pihak, meredefinisi dan mengidentifikasi kembali apa yang sebenarnya terjadi, untuk dikomunikasi dan dicarikan solusi terbaik melalui forum perundingan," katanya.

Perundingan enam pihak atau six party talks dilakukan berkala sejak Agustus 2003 dengan melibatkan enam negara yakni Indonesia, Korsel, Korut, AS, China, dan Rusia. Namun, perundingan tersebut terhenti dalam beberapa tahun terakhir karena ketegangan yang terjadi di semenanjung Korea.

Insiden terakhir yang mengakibatkan ketegangan di wilayah itu adalah tenggelamnya kapal yang menewaskan 46 pelaut Korsel. Pyongyang menyangkal terlibat dalam bentuk apapun dengan tenggelamnya kapal Korsel tersebut. (Ant/wt/OL-4)

MEDIA INDONESIA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK