Pages

Wednesday, August 4, 2010

SAIL BANDA 2010

Atraksi Pesawat Sukhoi dan Terjun Payung Batal
Arifin Asydhad - detikNews

Ambon - Puncak acara Sail Banda 2010 usai sekitar pukul 11.30 WIT, Selasa (3/7/2010). Puncak acara kurang meriah, karena rencana atraksi flying pass pesawat Sukhoi dan terjun payung dibatalkan.

Pembatalan ini terkait cuaca yang kurang bersahabat sejak dini hari tadi. Sejak awal acara puncak dibuka hingga acara selesai, langit selalu mendung dan beberapa kali hujan cukup deras.

Dalam sambutannya di acara ini, Menko Kesra Agung Laksono selaku ketua panitia pengarah Sail Banda 2010 menyatakan acara ini akan diramaikan dengan sailing pass kapal-kapal berbagai jenis, flying pass pesawat Sukhoi, dan aksi terjun payung. Namun, dalam sambutannya, realisasi dua acara terakhir tergantung cuaca.

Dan hingga acara usai, hanya sailing pass yang meramaikan acara Puncak Sail Banda 2010. Sailing pass diramaikan dengan kapal-kapal dari berbagai pihak, seperti TNI, Polri, Kemenhub, SAR, dan juga kapal-kapal dari luar negeri.

Sedangkan flying pass Sukhoi dan terjun payung tidak ditampilkan hingga acara usai. Fly pass Helly Banner dan pesawat udara Patmar juga tidak jadi dilakukan. Rencana penyerahan hand bouquet dari dua orang penerjun kepada Presiden SBY dan Ibu Ani juga batal.

Presiden SBY meninggalkan acara sekitar pukul 11.30 WIT. Sebelum meninggalkan lokasi, SBY meninjau KRI Dr Suharso, yang selama Sail Banda 2010 melayani pengobatan terhadap masyarakat di pesisir.

(asy/nrl)