Pages

Wednesday, August 4, 2010

Pasukan Elit Operasi Gultor

Pasukan Elit Operasi Gultor

KUALA LUMPUR (Pos Kota) – Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso, menghadiri upacara pembukaan Latihan Gabungan Bersama Malaysia-Indonesia Darat Samudera Angkasa (Latgabma Malindo Darsasa) 7 AB/2010 di Malaysia. Latihan ini di buka secara resmi oleh Panglima Angkatan Tentera Malaysia (ATM), Jenderal Tan Sri Dato Sri Azizan Arifin di Everly Resort Hotel Malaka Malaysia, Jumat (2/4).

panglima TNI 4Latgabma Malindo Darsasa-7 AB/2010 yang digelar di wilayah Malaka dan sekitarnya, merupakan bentuk antisipasi maupun respon awal sekaligus untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan teroris yang dapat terjadi di wilayah kedua Negara.

Perwira Penerangan Latgabma Malindo, Lettu Sus Santoso, S.Sos, menjelaskan latihan yang melibatkan pasukan khusus dari kedua negara ini melibatkan 1.883 personel dari kedua negara, terdiri dari 457 personel TNI dan 1.426 personel ATM.

Latihan ini meliputi beberapa fase, seperti Force Integration Training (FIT), Geladi Posko (CPX), Geladi Lapang (FTX), dan Post Exercise (PXD). Penyelenggaraan latihan ini adalah hasil keputusan Sidang High Level Committe (HLC) ke-3, pada 10 Mei 2007 di Jakarta tentang persetujuan Direktif Latgabma Malindo Darsasa-7AB/2010.

Selain itu, Latgabma Malindo Darsasa-7AB/2010 juga bertujuan untuk mengetahui sejauhmanapanglima TNI 9 kesiapan kedua Angkatan Bersenjata dari kedua negara untuk melaksanakan kerja sama dalam operasi penanggulangan terorisme (gultor), sekaligus menguji Protap Malindo 16 dan 18 tentang penanggulangan terorisme. Latgabma Malindo Darsasa-7 AB/2010 rencananya akan ditutup secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso pada 8 April 2010, di Hotel Everly Malaka.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Latgabma Malindo Darsasa-7 AB/2010 yaitu Irjen TNI, Letjen TNI Liliek AS Sumaryo, Koorsahli Panglima TNI, Mayjen TNI Sularso, Asrenum Panglima TNI – Marsda TNI Amirullah Amin, Asintel Panglima TNI, Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary, Asops Panglima TNI, Mayjen TNI Supiadin AS, Wakapuspen TNI, Brigjen TNI Setyo Sularso dan beberapa perwira tinggi dari Mabes TNI dan masing-masing Angkatan. (puspen/syamsir)

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/04/02/pasukan-elit-operasi-gultor