Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Tuesday, August 17, 2010

AS: pertumbuhan militer Cina disembunyikan


BBCIndonesia.com - detikNews
Militer Cina menguji misil di Laut Cina Selatan Militer Cina tumbuh secara sembunyi-sembunyi, sehingga memperbesar risiko konflik dan kesalahanfahaman dan miskalkulasi, kata laporan Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Menurut laporan tahunan Pentagon kepada Kongres tersebut, Cina telah meningatkan kemampuan rudal yang berbasis di darat.

Cina juga dilaporkan telah memperbesar keunggulan militernya atas Taiwan.

Laporan tersebut mengukuhkan kekhawatiran Amerika bahwa militer Cina tumbuh pesat.

Cina memiliki 1.150 rudal balistik jarak pendek, sedangkan jumlah rudal jarak menengahnya tidak diketahui, kata berkas tersebut.

Cina dilaporkan diam-diam membelanjakan miliar dolar.

Kurang transparansi dalam urusan keamanan dan militer Cina meningatkan ketidakpastian dan memperbesar potensi kesalahfahaman dan miskalkulasi, ujarnya.

Ulasan-ulasan yang baru-baru ini dikeluarkan oleh militer Cina mengeluhkan latihan militer besar-besaran yang digelar oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Mereka menyinggung kebijakan AS yang mereka katakan pengepungan terhadap kepentingan-jkepentingan inti Cina.

Cina juga mengecam politik AS yang dipandang sebagai campur tangan tak dikehendaki terhadap salah satu kepentingan inti Cina, yaitu klaim atas sebagian besar Laut Cina Selatan.

Menlu AS Hillary Clinton baru-baru ini mengatakan dalam pertemuan regiional di Vietnam bahwa Washington mendukung negara-negara non-Cina yang mengklaim hak atas laut tersebut

Amerika Serikat baru-baru ini juga mengadakan pekan kunjungan dan latihan dengan Vietnam.

Washington juga mengadakan putaran baru latihan dengan Korea Selatan yang dikatakan semata-mata untuk pertahanan.

Kontak militer antara Amerika Serikat dan Cina juga dibekukan dan Cina menolak menemui Menhan AS Robert Gates.

"Hubungan (Cina-AS) mendua dalam beberapa bulan lewat," kata seorang pejabat pertahanan kepada kantor berita Associated Press ketika ditanya soal pandangan Pentagon mengenai hubungannya dengan Cina.

(bbc/bbc)
detik

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK