Pages

Wednesday, August 4, 2010

ANTONOV 24


'Si Gaek' Itu Tergelincir di Landasan
Selasa, 3 Agustus 2010 | 14:38 WIB
1001crash.com
Pesawat Antonov (An) 24 adalah salah satu tulang punggung pengangkutan perang sejak masa Uni Soviet. Pesawat berbaling-baling dua ini sudah dibuat sebanyak satu juta unit sebelum produksinya dihentikan pada 1979. Meski masih banyak digunakan Rusia, pesawat gaek ini tercatat yang sering mengalami kecelakaan.
TERKAIT:

KOMPAS.com — Rusia segera melakukan penyelidikan terkait kecelakaan pesawat Antonov (An) 24 di Krasnoyarsk, Siberia. Upaya itu menurut ITAR-TASS dalam wartanya, Rabu (3/8/2010), termasuk juga upaya untuk mencari andai ada alasan kriminal di balik insiden mematikan tersebut.

Otoritas penerbangan Rusia, Rosaviatsia, mengatakan bahwa saat kejadian, hujan memang turun dengan deras. Namun, kondisi itu masih memungkinkan bagi pilot untuk mendaratkan pesawat.

"Tapi, dengan harapan mendarat sesuai jalur lintasan, pesawat menikung ke kanan dan menabrak landasan dan terempas 700 meter jauhnya," kata pernyataan Rosaviatsia.

Meskipun pengamanan penerbangan Rusia memperketat berbagai peraturan keselamatan penerbangan, kecelakaan pesawat terbang kerap terjadi di Negeri Beruang Merah. Diduga, kapal-kapal terbang yang dipakai, sebagaimana Antonov naas milik maskapai penerbangan lokal, Katekavia, sudah melampaui batas umur penggunaan. Dalam kecelakaan itu, pesawat meledak dan terbakar hebat seperti bola api.

Pesawat Antonov (An) 24 adalah salah satu tulang punggung transportasi untuk angkutan perang sejak masa Uni Soviet. Pesawat berbaling-baling dua ini sudah dibuat sebanyak satu juta unit sebelum produksinya dihentikan pada 1979. Meski masih banyak digunakan Rusia, pesawat gaek ini tercatat sebagai yang sering mengalami kecelakaan.

Catatannya, pada 1997, 50 orang tewas dalam kecelakaan An-24 di kawasan selatan Rusia. Lalu, lima tahun ke belakang, pesawat ini juga "membunuh" 28 orang kala mengalami musibah di kawasan utara Rusia.

kompas