Denpasar (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat yang baru untuk Indonesia, Scot Marciel, menegaskan komitmen pemerintahan Presiden Barack H Obama untuk menjadi teman baik seraya meningkatkan hubungan bilateral lebih kuat dengan Indonesia.

Marciel menyatakan hal itu di Jakarta, Senin (16/8), setiba di pos barunya. Keterangan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat d Jakarta, sebagaimana diterima ANTARA, di Denpasar menyatakan, Marciel menggantikan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia saat ini, Cameron Hume, yang telah tiga tahun bertugas.

"Kami ingin menjadi teman dan mitra Indonesia dalam menghadapi masa depan yang menjanjikan," kata Marciel.

"Dalam penugasan saya yang baru ini, saya akan mengimplementasikan kebijakan Presiden Obama tentang peran penting Indonesia di kawasan. Hal ini meliputi membangun hubungan lebih kuat, kemitraan, yang sama-sama kita tahu berkembang pesat dalam bidang pendidikan, perubahan iklim global dan mendorong kemakmuran bersama," katanya.

Amerika Serikat, katanya, mengagumi segala hal yang telah dicapai Indonesia selama 65 tahun kemerdekaan negara di Asia Tenggara ini.

Marciel juga menyatakan harapannya bisa segera menyampaikan surat kepercayaan dari Presiden Obama kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelum menempati posnya di Jakarta, Marciel merupakan Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN. Dia memiliki seorang istri dan dua anak, sementara Hume telah meninggalkan Jakarta pada 6 Agustus lalu. (*)

(T.A037/R009)
antara