Pages

Tuesday, May 17, 2011

Kapal Induk USS Carl Vinson Tiba dalam Persinggahan di Pilipina


PDF Cetak Email
Manila, (Analisa).
 Kapal induk AS USS Carl Vinson berlabuh di lepas Manila Bay dalam awal persinggahan empat hari pada Minggu (15/5). 
Kapal induk AS USS Carl Vinson, yang mengubur jenazah pemimpin Al Qaeda Osama bin Ladendi laut, tiba di Pilipina dalam satu kunjungan pada Minggu (15/5).
Para awak kapal induk itu mengatakan, mereka berada dalam kondisi baik, tapi mengelakkan pertanyaan seputar pemimpin terbunuh al-Qaeda dalam satu pertemuan dengan wartawan pada Minggu.
Aquino dan beberapa anggota kabinetnya melakukan kunjungan mendadak ke kapal induk bertenaga nuklir itu.
Mereka menambahkan bahwa kapal induk tersebut dijadwalkan berada di dermaga Manila dari Minggu hingga Rabu.
"Mudah-mudahan (persinggahan dan kunjungan kapal induk itu ke Manila) tidak akan menimbulkan semacam agitasi," kata jurubicara wakil presiden Abigail Valte dalam sebuah wawancara radio.
Valte mengatakan, kehadiran kapal induk AS di perairan Pilipina diizinkan dalam Perjanjian Pasukan Tamu (VFA) antara kedua negara.
"Jadi yang normal bahwa jika ada semacam kunjungan, itu tercakup dalam VFA dan ini bukan kunjungan kejutan," kata Valte, yang menambahkan bahwa pemerintah Pilipina biasanya diberitahu setiap kali ada persinggahan kapal angkatan laut Amerika Serikat.
Menurut pejabat AS, Osama bin Laden tewas dalam sebuah serangan awal bulan ini di tempat persembunyiannya di Pakistan dan dalam waktu 24 jam, pasukan AS menguburkan jenazahnya di laut dengan menggunakan USS Carl Vinson.
Pada l 6 Mei puluhan umat Islam setempat berunjukrasa dari masjid utama Manila menuju kedutaan AS, mengutuk "pembunuhan brutal" Osama bin Laden dan menggambarkan penguburan di laut sebagai penodaan tubuh pemimpin Al Qaida itu.
Para demonstran dihalau mundur oleh polisi dengan perisai anti huru-hara sebelum mencapai kedutaan dan kemudian bubar terpencar-pencar. (Ant/Xinhua-0ANA/AP/es) 

HARIAN ANALISA

1 comment:

  1. Indonesia if you can also buy from the U.S. aircraft carrier. although only 1. to guard the border Ambalat

    ReplyDelete

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK