Pages

Monday, May 23, 2011

Hari Ini 3 Kapal Perang Perancis Akan Berlabuh di Jakarta


kapal_perancisJakarta, Seruu.com - Hari ini Selasa 24 Mei 2011, Tiga kapal perang Angkatan Laut (AL) Perancis dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada 24-28 Mei 2011 dalam kerangka kegiatan mempererat persahabatan dan kerja sama antara AL Indonesia dan Prancis.
Kunjungan terbesar AL Perancis itu akan mendatangkan kapal pengangkut helikopter Mistral yang dikawal dengan kapal fregat anti-kapal selam Georges-Leygues, serta kapal fregat tipe pengawas ringan Vendemiaire.
Mistral merupakan salah satu produk paling mutakhir industri perkapalan Perancis dan menjadi daya tarik kuat untuk ekspor dan siap untuk mempromosikan industri pertahanan Prancis.
Dalam kunjungan itu, akan diadakan pameran kecil peralatan pertahanan Perancis pada 25 Mei di atas kapal Mistral, yang berbobot mati 20.000 ton, panjang 200 meter dan mulai dioperasikan pada tahun 2006, dengan berbagai divisi Kementerian Pertahanan Prancis terkait, pihak Angkatan Bersenjata Indonesia, maupun industri pertahanan Indonesia.
Sekitar 20 perusahaan kecil, menengah, dan besar dari Perancis akan hadir dalam pameran ini.
Beberapa di antaranya sudah membuka perwakilan di Indonesia dan menjalin kerja sama dengan industri Indonesia. Perusahaan lainnya sedang mengikuti tender, sementara yang lainnya masih menjajaki peluang kerja sama.
Pameran merupakan sarana bagi Perancis dan Indonesia untuk mengembangkan kerja sama industri strategis, yang sejalan dengan semangat deklarasi kemitraan bersama, yang pada bulan Desember 2009 telah disepakati oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy.
Ketiga kapal yang akan berkunjung itu mengangkut lebih dari seratus perwira siswa, 18 di antaranya berkebangsaan asing yang sudah menyelesaikan pendidikan awalnya.
Sepanjang perjalanan dari Perancis, armada ini telah mengikuti berbagai operasi singkat, seperti evakuasi kemanusiaan di Tunisia dan penumpasan perompak di lepas pantai Somalia.
Kegiatan tersebut merupakan ajang latihan bagi para perwira yang masih mencari pengalaman.
Kapal Mistral dan Georges-Leygues melakukan sejumlah kunjungan bergengsi di berbagai wilayah Asia Tenggara, seperti turut serta dalam pameran pertahanan IMDEX Asia 2011 di Singapura.
Kapal Vendemiaire kerap mengikuti kunjungan ke sejumlah wilayah Asia Tenggara, terutama di Indonesia.
Kapal fregat itu, yang pernah singgah di Bali pada 2010, akan meneruskan perjalanan ke Surabaya pada 30 Mei - 2 Juni 2011. [ms]

seruu.com

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK