Pages

Tuesday, May 17, 2011

Iran Bantah Lakukan Kerjasama Rudal dengan Korut


PDF Cetak Email
Rudal-IranGRAFIK PERSEDIAAN RUDAL IRAN:
Teheran, (Analisa)
Kementerian Luar Negeri Iran, Selasa (17/5), menyangkal laporan panel PBB yang menuduh negara itu berbagi keahlian dan perangkat peluru kendali (rudal) balistik dengan Korea Utara.
"Kami selalu menyangkal propaganda dan laporan palsu mengenai kerja sama antara kami dan Korut dalam alih teknologi atau perangkat rudal balistik," kata jurubicara kezmenterian Ramin Mehmanparast dalam jumpa pers.
Ia mengatakan bahwa kemampuan rudal Iran telah mencapai "tahap tidak membutuhkan teknologi atau suku cadang dari negara lain".
Mehmanparast mengatakan itu sebagai tanggapan terhadap laporan badan PBB, yang berusaha diblokir Beijing dan mengatakan bahwa Teheran dan Pyongyang diduga berbagi teknologi rudal balistik.
Para diplomat mengatakan seorang perwakilan China dalam panel PBB, yang terdiri atas tujuh pakar sanksi nuklir Korut menolak menandatangani laporan tersebut, yang mengatakan bahan terlarang dipindahkan melalui negara tetangga sebagai pihak ketiga.
Negara tersebut tidak disebutkan dalam laporan itu, kutipan yang didapat dari AFP, tapi diplomat mengatakan negara tersebut ialah China, sekutu terdekat Korut dan mitra dagang utama Iran.
China pernah menghalangi laporan sebelumnya pada Februari, yang meminta sanksi tambahan terhadap Pyongyang, saat itu sudah mendapat dua set sanksi, karena melakukan dua pengujian nuklir pada 2006 dan 2009.
Iran mengatakan program rudalnya merupakan hasil buatan dalam negeri, tetapi sejumlah pengulas Barat mengatakan beberapa senjatanya merupakan model lain dari milik Korut.
Ditambah dengan program nuklir bermasalah, program rudal Iran menaikkan kecemasan bahwa negara itu kemungkinan sudah mendapatkan cara membuat sistem peluncuran hulu ledak nuklir, ambisi yang disangkal keras oleh Teheran. (Ant/AFP)

HARIAN ANALISA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK