Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Thursday, March 29, 2012

Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin-Pembelian Itu Sudah Benar


PDF Print
Tuesday, 27 March 2012


(Foto: Kompas)
 
Bagaimana tanggapan Bapak terkait proses pengadaan Sukhoi ini?

Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada siapa pun,termasuk ICW, karena dengan itu rincian menjadi terbuka. Selama ini,kita tidak mendapatkan itu.Ke depan,ini akan menjadi pembelajaran DPR dan pemer i n t a h agar proses lebih t r a n s - p a r a n d a n l e b i h v a l i d d a l a m membuat perencanaan.

Nah, soal tadi itu, kita akan dorong, jadi tidak lagi menoleh masalah tadi, tapi kita akan dorong mungkin kita akan cari klarifikasi ke PT Rosoboronexport, mungkin ke kedutaan dan kalau mungkin pakai saja state credit.Dan diamendemen (shoping list) dimulai dari nol lagi.

Jadi belum ada skandal?

Yang bilang ada skandal siapa? Justru kita baru mulai, belum selesai,belum memproses. Tapi masalahnya bagus, ada masukan,lalu kita coba buka lagi karena kalau diteruskan ada potensi.Itu baru potensi (skandal).

PT Trimarga sudah bermitra sejak dulu. Bagaimana Bapak menanggapinya?

Wah, saya tidak tahu soal PT itu, soal broker yah.Saya tidak tahu. Kalau saya mempertanyakan juga tidak yakin mendapat. Tetapi, silakan publik mencari dan informasikan ke kami,bantu kamilah.

Adakah beda mekanisme pembelian Sukhoi yang sekarang dengan pada tahap pertama dulu?

Kalau pembelian secara langsung, saya tidak tahu, saya harus pelajari yang lama. Namun, menurut saya,dalam proses pembelian (yang dulu) itu, Kemhan sudah benar. Bahwa kemudian konon itu memakai sistem imbal beli, itu merupakan keputusan yang kemudian juga diakui oleh DPR saat itu.

Jadi,menurut Bapak tidak ada masalah?

Setahu saya tidak ada masalah. Dalam proses seperti ini, siapa pun presidennya, tidak sampai ikut dalam tawar-menawar harga dan lain sebagainya. Siapa pun presidennya,saya yakin tidak ikut tawar-menawar harga. Kami pun tidak tahu bahwa (untuk pembelian sekarang) akan terjadi tawar-menawar dan ternyata bisa,sehingga harga jatuh pada angka USD54,8 juta.Jadi,mari kita fokuskan pada prosedur unitunit operasional itu yang harus kita benahi dan tadi juga ada pernyataan dari wamenhan agar struktur perencanaannya itu disesuaikan lagi.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan jika pembelian Sukhoi pertama penuh skandal. Saat itu adalah proyek Presiden Megawati Soekarnoputri. Tanggapan Bapak?

Saya tidak tahu. Tapi saya harus menghormati Pak SBY. Siapa pun,yadiusut saja.Ya to? Silakan diusut. Sama kok, presiden tidak sampai mengurusi jual-beli. Kita yang ingin adalah tidak boleh terjadi penggelembungan harga pada pokok dan di DPR,di mana sajalah.
sumber : SINDO

20 komentar:

Anonymous said...

dasar di TB bunglon...kemarin yang teriak lantang ada dugaan mark up siapa?congornya siapa kemarin tu??? rakyat tahu klo siTB lah orang pertama yang teriak maling n diikuti koor LSM2 antek asing... si TB tu ketakutan krn ada pepatah "mulutmu harimaumu"... sekarang BPK bakal mengaudit pembelian sukhoi sejak jama bos TB, nah pasti dia ketar-ketir...krn memang semua tahu tidak ada transparansi pada pembelian sukhoi jaman bos partai yang ngaku demokratis tetapi ketumnya gak boleh ganti...demokrasi t** babi...

rAfi said...

Dasar sii TB sok tewuu loo...

Anonymous said...

Kq jadi kalem pak TB ? Abis diomelin ya ? Hahahaaa. Lanjutkan dorong BPK untuk mengaudit pak SBY, jgn takut dengan stigma sesat seperti pencitraan dan pengalihan isu. Masih byk rakyat indonesia yg bisa menilai bpk secara objektif

Anonymous said...

betul tu bos aq setuju coment nya,,
Demokratis tp ketum ngak diganti-ganti,,

Anonymous said...

Setuju sama komentator sebelumnya. Si TB ini dulu keras banget berkoar-koar, eh giliran pembelian Sukhoi jaman partainya berkuasa mau diaudit, ngomongnya jadi berubah 180 derajad jadi mencla-mencle kayak si Nunun.

Anonymous said...

Ketika memulai dengan prasangka dan tuduhan kepada pihak2 yang bersebrangan pandangan dengannya beliau barangkali lupa bahwa rezim yang berkuasa sebelumnya adalah his BOSS yang katanya milik wong CILIK...tapi nyatanya pada saat itu banyak aset negara FOR SALE untuk pihak asing...dan nyatanya ketika audit akan FLASH BACK secara perlahan semangat prasangka memudar seperti hendak membasuh mulut setelah lantang berteriak...

bluejungle said...

Itulah mulut politisi...selau ikut kemana arah angin bertiup...

Anonymous said...

Betul bosnya TB beli sukhoi ga pake senjata dimulai dr beliau itu, yg ngaku2 membela wong cilik..tp menciptakan outsorcing

Anonymous said...

Saya harap pemerintah memproses hukum si TB ini, karena kemaren dia telah memberikan informasi yang bohong, dan ini telah menjadikan Kemenhan kambing hitam serta fitnah, demokrasi seperti ini yg membuat bangsa ini seperti negara liberal berpendapat dan semaunya, Pemerintah harus memberikan pelajaran bagi siapapun yg memberikan informasi bohong atau fitnah harus diproses hukum, selain TB ada juga anggota DPR-RI yg lainnya, ICW dan LSM lainnya. Demokrasi boleh saja bebas berpendapat tapi sebelum ngomong harus di cek dahulu kebenarannya, dan apabila menjadikan kebohongan publik mending proses saja melalui jalur hukum, karena semakin liar saja demokrasi indonesia apabila tdk ada Hukum yang kuat dinegeri ini.

Anonymous said...

aneh...pasti pada ngeles kalo sudah begini....

ludfi, S.Psi. S.H said...

ya, dibuka semua ga apa-apa, biar lebih terang.

Anonymous said...

Oposisi ya oposisi, tapi pake Hati Nurani. giliran dibongkar semua, baru nyaho lu !

Anonymous said...

hahahahh si tb sekarang kyak katak di siram air yang asalnya suaranya lantang seperti pahlawan ke siangan sekarang lemh gemulia kyk bencong di pianggir jln.Apkah dia tdk mengerti bahwa lidah bagaikn pedang,dan pedang itu sekarang menuju dirinya,beginilah kalo berbicara nggk pakek otak.tangkap aja tu si tb kerna telah mencemarkan nm baek departemen pertahanan Undang2nyakan ada atasnm pencemaran nm baek.

Anonymous said...

Sukhoi yg dibeli zaman partai om TB berkuasa kyk macan ompong gak ada rudalnya persis kayaknya omongannya si TB gak ada buktinya apa yg omongin,kasian deh SI TB cari gosip yg murahan...

Anonymous said...

'SOEKARNO INSPIRASI PERJUANGAN RAKYAT IRAN'
Minggu, 11 Maret 2012 15:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Republik Islam Iran Iran akhir Maret ini bakal meresmikan pusat informasi komunitas Islam di Internet guna kesetaraan berinformasi menghadapi dominasi informasi yang 80 persen dikuasai pihak kapitalis.

Wakil Menteri Pers dan Media Republik Islam Iran, Mohammad Zadeh mengatakan, "Iran dan Indonesia dapat bekerja sama karena memiliki pandangan sejarah yang sama dalam Gerakan Non-Blok (GNB)."

Gagasan Soekarno di Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (KTT AA) untuk mendirikan GNB banyak menginspirasi perjuangan rakyat Iran. "Soekarno adalah orang besar dengan gagasan besar yang sangat terkenal di Iran," kata Zadeh.

Sementara itu, Ketua PWI, Margiono mengemukakan, kesetaraan berinformasi sangatlah penting di antara semua bangsa. "Zaman sekarang, yang ditandai kemajuan teknologi informasi, maka kesetaraan informasi sudah menjadi keharusan," ujarnya.

Ia menambahkan, niat Iran mendirikan pusat informasi Islam patut dihargai, namun perlu dilakukan pula di berbagai negara, termasuk di Indonesia dalam kerangka menuju masyarakat informasi yang cinta damai.
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: IRIB
http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/12/03/11/m0pon6-soekarno-inspirasi-perjuangan-rakyat-iran

Anonymous said...

KILL ALL THE JEWS AND GENOCIDE ALL THE JEWS AROUND THE WORLD KILL ALL THE JEWS AND GENOCIDE ALL THE JEWS AROUND THE WORLD KILL ALL THE JEWS AND GENOCIDE ALL THE JEWS AROUND THE WORLD. ADOLF HITLER SAID I LEFT SOME OF JEWS FOR YOU TO KNOW HOW DANGEROUS THEY ARE FOR THE LIFE OF ALL HUMAN KIND IN THE UNIVERSE. THE JEWS ARE TOTALLY A LETHAL PEST FOR THE LIFE OF ALL HUMAN KIND IN THE UNIVERSE.
"ICH KONNTE ALL DIE JUDEN IN DIESER WELT ZU ZERSTOREN, ABER ICH LASSE EIN WENIG DREHTE-ON, SO KNNEN SIE HERAUSFINDEN, WARUM ICH SIE GETOTET"
"I COULD DESTROY ALL THE JEWS IN THIS WORLD, BUT I LEAVE A LITTLE OF LIFE, THAT YOU WILL BE ABLE TO FIND OUT WHY I KILLED THEM."

"BISA SAJA SAYA MUSNAHKAN SEMUA YAHUDI DI DUNIA INI, TAPI SAYA SISAKAN SEDIKIT YANG HIDUP, AGAR KAMU NANTINYA DAPAT MENGETAHUI MENGAPA SAYA MEMBUNUH MEREKA."

Anonymous said...

Pak SBY,Pak Menhan dan Wamenhan.. yg mendukung anda jauh berlipat lipat lebih banyak dari musuh anda... lanjut terus Pak

Anonymous said...

SEHARUSNYA! sebagai alumnus AKMIL dan JENDRAL bintang dua MR, TB HASS, MENCARI bukti buktu akurat dulu, baru dipublikasikan, jangan seenaknya buka mulut, semua alutsista yg di beli untuk kepentingan KEAMANAN NKRI, DARI PENCOLENG, dimana janji TARUNA MU DULU, ,,,TANK LEOPART SANGAT COCOK BUAT DI KALIMANTAN, MOBILISASINYA SANGAT FISIKA... DAN AKU YAKIN NGGAK ADA LAGI PELANGGAR BATAS...DI NKRI, BRAVO TNI

Anonymous said...

AKU HIDUP DI AMERIKA SEBAGAI FILMMAKER,DI dalam negri paman sam sendiri setiap ucapan harus disertai bukti, kalau tidak bisa berbalik di tuntut, sebaiknya TB DAN LSM itu juga harus di tuntut, karena menyebar fitnah negara yg kebenarannya, belum tentu,LSM bukan organisasi yg kebal hukum, justru harus mematuhi hukum, jangan kau pecah belah NKRI, ....

Anonymous said...

Pak TB...kl mau murah beli roda sukhoi aja..sukhoi ompong dgn sukhoi macan jelas berbeda harga..Pak Menhan..utk membeli alutsista tni jgn ragu..kami rakyat indonesia mendukung..bila perlu separoh apbn hbs buat beli alutsista gak mslah..militer kuat negara kuat..rakyat banGga..drpd apbn hbs di pk utk di korupsi..berkoar2 demi rakyat..tp rakyat tambah melarat..liat india..negara mrk gak lbh miskin dr kt..tp mrk bangga militer nya 4 besar dunia...

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK