Pages

Wednesday, April 13, 2011

Opsi Pembebasan Sandera Masih Rahasia

Pemerintah masih menimbang opsi terbaik. Nyawa dan keselamatan awak kapal jadi prioritas.
Rabu, 13 April 2011, 13:56 WIB
Elin Yunita Kristanti, Aries Setiawan
Perompak Somalia (www.marinecorpstimes.com)

VIVAnews - Penyanderaan kapal Indonesia, MV Sinar Kudus beserta 20 awak kapal saat ini memasuki hari ke-29. Para sandera berharap pemerintah segera mengambil tindakan. Sebab, persediaan makanan dan air bersih makin menipis. Hidup mereka jadi taruhan.

Apa yang akan dilakukan pemerintah, masih teka-teki. Namun, Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa memastikan, pemerintah tak tinggal diam, terus mengupayakan pembebasan para awak kapal milik PT Samudera Indonesia itu.

"Tahap terakhir komunikasi mereka dengan pihak penyandera, dari pemilik kapal komunkasi terus berjalan. Akan ada upaya terus menerus untuk bisa memastikan pembebasan dari ke 20 warga negara kita sesegera mungkin," ujar Marty Natalegawa di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 13 April 2011.

Kata Marty, seperti yang disampaikan Presiden SBY secara lugas dan tegas, pemerintah akan mengambil berbagai opsi yang memang harus diambil. "Bukan saja direncanakan, tapi dilaksanakan," tambahnya.

Sementara, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto menuturkan, pemerintah masih memilih berbagai opsi yang paling baik dan memungkinkan untuk misi pembebasan 20 WNI.

"Ini sedang dirundingkan bersama, yang jelas opsi terbaik. Ada hal-hal yang tidak bisa saya sampaikan dipublik. Presiden sudah sampaikan kemarin," imbuhnya.

Yang pasti, kata Djoko, pemerintah berupaya keras untuk menyelamatkan nyawa 20 warga negaranya. "Prioritas adalah keselamatan awak kapal. Tidak ada yang menginginkan awak kapal mengalami hal yang tidak diinginkan. Keluarga juga selalu minta demikian. Bahwa keinginan untuk kita segera membebaskan, kita semua juga," tuturnya.

Sebelumnya, Selasa 12 April 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membantah pemerintah lamban menangani penyanderaan Sinar Kudus. Tak semua langkah pemerintah bisa diungkap ke publik. "Mengapa? Karena Menyangkut keselamatan saudara-saudara kita yang disandera, menyangkut keselamatan yang bisa saja mengemban tugas tertentu (sebagai) pembebas," jelas SBY." Misi rahasia selalu diam-diam. (eh)
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK