Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Thursday, June 7, 2012

Indonesia akan Produksi 1.000 Roket


Kamis, 07/06/2012 15:59 WIB

Roket R-HAn 122 terus dilakukan uji coba sebelum diproduksi massal (all photos : DMC)
 
Yogyakarta Ketergantungan Indonesia terhadap roket buatan luar negeri untuk pertahanan sangat besar. Saat ini Indonesia akan memproduksi 1.000 roket dengan nama R-Han 122.

Roket ini merupakan roket pertahanan kaliber 122 yang sudah ada hulu ledaknya. Roket yang akan diproduksi tersebut memiliki jangkauan 15-20 kilometer.

"Kita akan produksi 1.000 roket dengan nama R-Han 122. Roket berhulu ledak ini merupakan roket pertahanan kaliber 122," kata staf ahli pertahanan dan keamanan Kemenristek RI, Ir. Hari Purwanto, M.Sc dalam Focus Group Discussion "Pemanfaatan Teknologi Litbangyasa untuk Roket Uji Muatan" di KPTU Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (7/6/2012).

Menurut Hari, roket ini akan dimanfaatkan untuk menggantikan roket yang dibeli dari luar negeri. Produksi roket hasil pengembangan Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) tersebut akan dimanfaatkan untuk pertahanan negara.

Hari mengatakan roket merupakan salah satu teknologi strategis namun memiliki biaya produksi yang sangat mahal. Fungsinya sendiri dua macam yakni di bidang militer dan non militer. Roket menjadi salah satu teknologi penting yang krusial untuk segera dikembangkan secara mandiri oleh Indonesia.

"Hal ini harus kita lakukan sebab selama ini kita tergantung pada negara lain untuk roket," katanya.

Hal senada diungkapkan Kepala LAPAN Drs. Bambang Setiawan Tejakusuma, Dipl.Ing. Program produksi roket merupakan proyek yang ambisus yang dilakukan LAPAN. Beberapa negara yang telah memiliki program pengembangan roket diantaranya Rusia, Amerika, Perancis, China, India, Jepang Korea Utara, Iran dan Pakistan.

Dalam kesempatan itu, Rektor Universitas Gadjah Mada Prof Dr Pratikno bersama Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) membentuk Komunitas Roket Uji Muatan (RUM). Komunitas tersebut untuk mendukung kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam pengembangan teknologi industri roket di tanah air.

Rencananya, komunitas RUM ini akan memanfaatkan kawasan pantai Pandansimo Bantul sebagai area pelatihan peluncuran uji roket muatan.

Pengembangan roket merupakan pilihan kebijakan strategis kepentingan jangka panjang yang seharusnya menjadi perhatian negara. Pengembangan roket membutuhkan investasi yang sangat besar dengan hasil yang penuh risiko dengan manfaat yang abstrak dan jangka panjang.

"UGM siap kerjasama terhadap hal yang penting dan strategis ini. Teknologi roket perlu dikembangkan untuk meningkatkan kemandirian bangsa. Roket tidak hanya untuk persenjataan pertahanan negara saja tapi bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Pratikno.
 
sumber: Detik

1 komentar:

Anonymous said...

MERDEKA....!

KITA BANGSA INDONESIA DALAM TAHAP PEMBANGUNAN TEKNOLOGI DALAM SEGALA BIDANG...

KITA MEMBUTUHKAN BANYAK TENAGA AHLI, MENGAPA TENAGA AHLI ANAK NEGERI YANG KERJA DI NEGARA LAIN TIDAK DI BAWA KEMBALI UNTUK RISET DI DALAM NEGERI AJA ...

TEKNOLOGI ROKET, RUDAL, PESAWAT TEMPUR, HELICOPTER SERBU, TANK MBT, KAPAL PERANG, DAN KAPAL SELAM SAAT INI SEDANG DI KERJAKAN OLEH TENAGA AHLI KITA (TOT).

KITA OPTIMIS BAHWA TEKNOLOGI TERSEBUAT DIATAS PASTI BISA KITA KUASAI, KERJAKAN DAN SELESAIKAN SECEPATNYA DALAM KURUN WAKTU 10 TAHUN.

MESTINYA BAPAK PRESIDEN KITA MEMBERIKAN PERNYATAAN KHUSUS MENGENAI PERKEMBANGAN EKONOMI DAN TEKNOLOGI KITA SETIAP BEBERAPA BULAN AGAR DIKETAHUI OLEH RAKYAT KITA DAN DUNIA.

DARI PERNYATAAN TERSEBUT MAKA NEGARA KITA AKAN SEMAKIN NAIK KEDUDUKANNYA DI MATA DUNIA, BAHWA PERKEMBANGAN EKONOMI KITA SEMAKIN MENINGKAT BEGITU PULA DENGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI, KHUSUSNYA BIDANG PERTAHANAN.

DENGAN DEMIKIAN AKAN SEMAKIN BANYAK MASUK INVESTOR DARI LUAR DAN DALAM NEGERI DENGAN TUJUAN MENANAM SAHAMNYA DENGAN MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA SEHINGGA PENGANGGURAN BERKURANG.

NEGERI KITA DI BERKATI
NEGERI KITA DI LINDUNGI
SEJAHTERA RAKYAT NYA.

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK